Pengembangan multimedia interaktif game edukasi pada materi keragaman budaya dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas iv Sekolah Dasar / Uswatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif game edukasi pada materi keragaman budaya dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas iv Sekolah Dasar / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2021) Pengembangan multimedia interaktif game edukasi pada materi keragaman budaya dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas iv Sekolah Dasar / Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada SDN Tanggung 2 SDN Sananwetan 2 serta SDN 1 Pucangan dimana pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan media gambar video youtube serta penugasan saja tanpa memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah pada saat pembelajaran. Hal ini berimbas pada muatan yang memiliki cakupan materi luas dimana menjadikan siswa cenderung malas dalam belajar sehingga siswa kurang memahami materi dengan baik. Kurangnya pemahaman materipun dapat menyebabkan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas berkurang hal ini terlihat dari tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak dikerjakan oleh orang tua siswa. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan praktis untuk digunakan yaitu multimedia interaktif game edukasi pada materi keragaman budaya dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk yang valid menurut ahli materi dan ahli media praktis menurut pengguna/guru serta praktis dan menarik menurut siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) serta model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis Design Development Implementation dan Evaluation. Hasil validasi ahli diperoleh nilai rata-rata menurut ahli materi 87 5% (sangat valid) dan ahli media 93 75% (sangat valid). Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk dilaksanakan uji kepraktisan oleh pengguna atau guru diperoleh hasil rata-rata yaitu 93 75% kategori (sangat praktis). Serta uji kepraktisan dan kemenarikan berdasarkan penyebaran angket pada siswa kelas IV SD pada uji coba kelompok kecil dengan persentase 95% serta uji coba kelompok besar diperoleh persentase 100%. Selain itu terdapat kegiatan mengerjakan soal evaluasi hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan. Berdasarkan hasil evaluasi siswa memperoleh rata-rata nilai di atas KKM 75 yaitu sebesar 85 5 pada evaluasi kelompok kecil dan 87 08 pada evaluasi kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif game edukasi dapat dinyatakan valid menurut ahli materi dan media praktis menurut pengguna/guru praktis dan menarik bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Saran dari pemanfaatan produk ini yaitu perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi anatara lain penggunaan jenis smartphone dengan minimal android versi lollipop 5.0 serta sekolah hendaknya memiliki fasilitas pendukung seprti LCD jaringan WiFi untuk mendownload serta penggunaan smartphone pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257432

Actions (login required)

View Item View Item