Pengembangan multimedia interaktif virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi gaya untuk siswa kelas iv SDN Tanggung 1 / Krisma Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi gaya untuk siswa kelas iv SDN Tanggung 1 / Krisma Cahyaningrum

Cahyaningrum, Krisma (2021) Pengembangan multimedia interaktif virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi gaya untuk siswa kelas iv SDN Tanggung 1 / Krisma Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilaksanakan dalam suatu jaringan dengan memanfaatkan teknologi sehingga pendidik dan peserta didik tidak bertatap muka maupun berkomunikasi secara langsung. Pelaksanaan pembelajaran daring banyak mengalami kendala. Salah satunya di SDN Tanggung 1. Masalah yang ditemukan di kelas IV SDN Tanggung 1 yaitu (1) pembelajaran daring dilaksanakan melalui whatsapp grup (2) siswa kurang memahami konsep materi gaya (3) kegiatan percobaan di buku tematik 2017 disajikan secara monoton dan kurang sistematis (4) sekolah belum memiliki media pembelajaran daring (5) siswa bergantung pada orangtua ketika belajar. Potensi yang ditemukan yaitu siswa memiliki dan dapat mengoperasikan smartphone menyukai percobaan dan menyukai belajar menggunakan media. Maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi gaya untuk siswa kelas IV yang valid praktis dan menarik Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE diadaptasi dari Tegeh dkk. (2014 42) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analyze berupa analisis kebutuhan (2) Design berupa pembuatan konsep kerangka materi storyboard flowchart dan instrumen penelitian (3) Development berupa pembuatan produk dan validasi oleh ahli (4) Implementation berupa uji produk kepada siswa dengan skala kecil dan skala besar dan (5) Evaluation berupa analisis hasil dari setiap tahapan penelitian untuk penarikan kesimpulan. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai kevalidan menurut ahli materi sebesar 91 5% ahli media sebesar 100% dan pengguna (guru) sebesar 95 3% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan menurut guru sebesar 100% siswa pada uji produk skala kecil sebesar 93 3% dan siswa pada uji produk skala besar mencapai 96 6% dengan kategori sangat praktis. Selain itu nilai kemenarikan dari guru dan siswa sebesar 100% dengan kategori sangat menarik. Karakter mandiri diperoleh rata-rata sebesar 85 4% yang artinya produk dapat menstimulasi berkembangnya karakter mandiri. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi gaya untuk siswa kelas IV SDN Tanggung 1 sangat valid menurut ahli materi ahli media dan guru sangat praktis menurut guru dan siswa serta sangat menarik menurut siswa dan guru. Sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257431

Actions (login required)

View Item View Item