Penerapan pembelajaran daring menggunakan model VCT (value clarivication technique) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 2 muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN TAWANGSARI 2 KABUPATEN BLITAR / Nina Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran daring menggunakan model VCT (value clarivication technique) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 2 muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN TAWANGSARI 2 KABUPATEN BLITAR / Nina Hidayati

Hidayati, Nina (2021) Penerapan pembelajaran daring menggunakan model VCT (value clarivication technique) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 2 muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN TAWANGSARI 2 KABUPATEN BLITAR / Nina Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPS telah dilaksanakan sejak siswa duduk di bangku sekolah dasar yang termasuk dalam pembelajaran tematik terpadu. Keberhasilan pembelajaran IPS di sekolah dasar didukung oleh kerjasama yang baik antara kepala sekolah guru dan siswa. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berujung pada pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka kini harus dilakukan secara online. Pembelajaran online tetap harus memperhatikan kebutuhan belajar siswa. Namun kenyataannya pembelajaran IPS di sekolah dasar belum sepenuhnya tercapai secara optimal karena pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pelaksanaan pembelajaran online di kelas IV SDN Tawangsari 2 Kabupaten Blitar pada tanggal 12 Agustus 2020 diketahui sebanyak 60% siswa masih belum memahami materi IPS. Hasil wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online masih dilakukan secara monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model VCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan setiap siklus adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran online dengan model VCT dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa. Persentase aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sebesar 82 35% dengan kriteria baik menjadi 100% dengan kriteria sangat baik pada siklus 2. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata siswa pada pertemuan pertama. 75% meningkat menjadi 79% pada pertemuan II. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama persentasenya 96% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 100%. Kesimpulannya adalah penggunaan model VCT telah dilaksanakan dengan baik oleh guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tawangsari 2 Kabupaten Blitar. Berdasarkan temuan yang diperoleh disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran VCT sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran online lainnya. Mahasiswa diharapkan mengikuti pembelajaran online secara tepat waktu dan lebih aktif dalam berdiskusi sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257425

Actions (login required)

View Item View Item