Pengembangan media video interaktif pada pembelajaran tematik kelas 2 SDN 1 Seputih Jaya Kabupaten Lampung Tengah / Chyntia Dewi S. Harry - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video interaktif pada pembelajaran tematik kelas 2 SDN 1 Seputih Jaya Kabupaten Lampung Tengah / Chyntia Dewi S. Harry

Harry, Chyntia Dewi S. (2021) Pengembangan media video interaktif pada pembelajaran tematik kelas 2 SDN 1 Seputih Jaya Kabupaten Lampung Tengah / Chyntia Dewi S. Harry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu sebagai perantara di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 1 Seputih Jaya Kabupaten Lampung Tengah ditemukan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran online yang dilakukan. Hal ini berdampak kurangnya antusias siswa didalam melakukan proses pembelajaran yang dilakukan. Oleh sebab itu siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat berdampak buruk kedepannya apabila masalah tersebut tidak diberikan solusi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yakni mendeskripsikan media video interaktif yang dikembangkan untuk mengetahui kevalidan berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli media ahli materi serta kepraktisan media berdasarkan penilaian yang diberikan pada angket respon guru dan kelompok kecil yang berjumlah 6 orang siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang dikembangkan oleh Dick amp Carey. Model yang digunakan pada penelitian ini addie model. Hasil pengembangkan video interaktif memuat tema 7 kebersamaan spesifiknya subtema 1 kebersamaan di rumah untuk kelas 2 sekolah dasar. Video interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase penilaian oleh ahli media 98% atau dikategorikan sebagai media yang sangat valid persentase penilaian oleh ahli materi 85% atau dikategorikan sebagai media yang valid. Sedangkan kepraktisan media yang dikembangkan memperoleh persentase penilaian oleh guru sebesar 100% atau dikategorikan sebagai media yang sangat praktis dan persentase penilaian yang dilakukan oleh kelompok kecil siswa yang berjumlah 6 orang yani 98% atau dikategorikan sebagai media yang sangat praktis. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa media video interaktif yang dikembangkan dikategorikan sebagai media yang sangat valid dan sangat praktis serta media video interaktif dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/256227

Actions (login required)

View Item View Item