Penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ursula Makamo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ursula Makamo

Makamo, Ursula (2021) Penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ursula Makamo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Makamo Ursula. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (2) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd Kata kunci Media Pembelajaran Hasil Belajar Media merupakan alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan oleh guru dalam suatu proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang menunjukkan (1) guru tidak menggunakan media pada saat pembelaran. (2) peserta didik pasif (3) hasil belajar peserta didik yang berjumlah 14 peserta didik seluruhnya belum memenuhi KKM. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan media dalam pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi permainan tradisional Sifat ndash sifat bunyi hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan mendeskripsikan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi permainan tradisional Sifat ndash sifat bunyi hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian pada peserta didik kelas IV SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang yang terhadap RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajran) Aktivitas guru dan peningkatan hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi wawancara dan tes. Kegiatan an aacute lisis data dimulai dari tahap paparan data dan penyimpulan hasil an aacute lisis data. Pada penelitian ini ditemukan bahwa 7 peserta didik sudah menguasai pembelajaran sedangkan 4 peserta didik kurang aktif dan ada 1 kelompok yang tidak mengerjakan LKK. Berdasarkan uraian di atas peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang. Peneliti juga memberikan saran agar penerapan mediadapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran sebagai sala satu alternatif dalam memudahkan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255951

Actions (login required)

View Item View Item