Efektifitas implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 tentang Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Kota Malang / Raistin Nur Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 tentang Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Kota Malang / Raistin Nur Abidin

Abidin, Raistin Nur (2020) Efektifitas implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 tentang Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Kota Malang / Raistin Nur Abidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan adanya beberapa permasalahan yang muncul dalam penerimaan peserata didik baru.permasalahan ini muncul tahun 2017 dan 2018 dengan ditetapkanya aturan terbaru yaitu sistem PPDB yang berbeda dari sebelumnya. Perbedaan dari pelaksanaan PPDB kali ini menggunakan sistem zonasi yang mana jarak tempat tinggal menjadi titik penentu peserta didik diterima tidaknya sedangkan pada PPDB sebelumnya menggunakan nilai UN sebagai penentu. Tahu 2017 permasalahan terkait PPDB dilihat bedasarkan dampak yang diakibatkan dari PPDB sistem zonasi dari segi akademik peserta didik mengalami penurunan prestasi bidang akademik. Tahun 2018 juga tidak mengalami perubahan bahwa peserta didik masih tetap mengalami penurunan dari segi bidang akademik. Parahnya salah satu SMP Negeri di Kota Malang terpaksa melakukan drop out terhadap 5 peserta didik yang tidak dapat mengikuti setandar penilaian yang telah ditetapkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengtahui terkait dengan penerimaan peserta didik baru terdiri dari tiga tujuan yaitu (1) untuk mengetahui seperti apa peraturan tentang jalur pendaftaran PPDB baru menurut Permendikbud No.51 tahun 2018; (2) untuk mengetahui seperti apa efektifitas pelaksanaan PPDB berkaitan dengan Permendikbud No.51 Tahun 2018 yaitu PPDB di Kota Malang serta; (3) implikasi dari Permendikbud No.51 tahun 2018 terhadap peserta didik di Kota Malang. Bedasarkan tujuan maka dilakukan metode agar tercapainya tujuan dari penelitian tersebut dnegan menggunakan metode penelitian socio-legal dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawan cara terstruktur. Wawancara dilakukan secara langsung dimana peneliti ikut berperan dengan terjun langsung dalam kegiatan atau aktifitas dari obyek penelitian. Penelitian dilakukan di Kota Malang dikarenakan Kota Malang merupakan salah satu kota sebagai obyek ujicoba penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, peraturan PPDB sistem zonasi sesuai dengan Permendikbud No.51 tahun 2018. Dilaksanakan dengan menggunakan tiga jalur. Jalur pertama menggunakan jalur zonasi yang mana calon peserta didik diterima melalui jarak domisili atau rumah dengan jarak sekolah. Jalur kedua menggunakan jalur prestasi yaitu jalur yang menggunakan prestasi baik akademik maupun non akademik. Jalur ketiga yaitu jalur perpindahan orang tua yang mana peserta didik diterima bedasarkan tugas orang tua dimana orang tua bekerja. Kedua, sesuai dengan teori efektifitas hukum menurut Soekanto, ada empat yaitu berdasarkan hukum, bedasarkan penegak hukum, bedasarkan fasilitas hukum, bedasarkan masyarakat serta berdasarkan budaya. Bedasarkan indikator tersebut Permendikbud No.51 tahun 2018 dapat dikatan efektif dengan indikator berdasrkan hukum Permendikbud No.51 tahun 2018 sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia tahun 1945 dan Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, berdasarkan penegakan hukum yang merupakan pelaksana dari permendikbud yaitu dari pemerintah daerah hingga panitia sekolah telah melaksanakan PPDB sesiau dengan permendikbud yang telah ditentukan oleh pemerintah. PPDB juga memberikan dampak positif dengan meminimalisir kecurangan. Berdasarkan masyarakat dengan adanya Permendikbud No. 51 tahun 2018 memberikan kemudahan bagi orang tua dalam mengawasi putra maupun putri mereka sebagai peserta didik. Berdasarkan budaya Permendikbud No.51 tahun 2018 sebagai karya masyarakat yang berdasarkan permasalahan yang ada di masyarakat berdampak positif sehingga meratanya pendidikan di Indonesia khususnya di kota Malang Ketiga, implikasi dari pelaksanaan PPDB sistem zonasi dirasakan oleh pendidik atau guru. Dampak yang paling menonjol yaitu meningkatnya kenakalan remaja. Selain itu motivasi belajar berkurang. Namun dampak yang didapatkan bukan hanya negatif. Dampak yang ditimbulkan juga positif beberapa sekolah peserta didik yang tadinya motivasi belajarnya rendah sebelum diterapkanya PPDB sistem zonasi. Setelah adanya PPDB sistem zonasi motivasi belajar peserta didik meningkat dengan kata lain kualitas berfikir meningkat. Saran berdasarkan hasil penelitian pertama untuk pemerintah pusat atau pada Menteri pendidikan dan kebudayaan yang mana terkait dengan permasalahan pelaksanaan PPDB maka dilakukan pengkajian ulang sehingga permasalahan tidak terulang kembali pada tahun selanjutnya. Penangan dari permasalahan ini pemerintah pusat dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah yang kemudian pemerintah daerah bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk penyelesaiannya. Kedua dinas pendidikan seharunya memberikan pelatihan atau memberikan sosialisasi mengenai dampak yang diakibatkan ke sekolah. Ketiga untuk sekolah agar memberikan layanan semaksimal mungkin dalam pelaksanaan pendidikan dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus belajar. Keempat guru PPKn memberikan pendidikan karakter, penyelesaian permasalahan yang dapat dilakukan yaitu dengan penanaman pendidikan karakter oleh guru kepada peserta didik, untuk lancarnya pelakasanaan mendapatkan hasil lebih baik maka guru dapat bekerja sama dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255378

Actions (login required)

View Item View Item