Khairiyah, Maliatul (2021) Pengembangan e-book berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning materi struktur perkembangan buah dan biji untuk menumbuhkan keterampilan literasi sains dan menulis sains mahasiswa / Maliatul Khairiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khairiyah Maliatul. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis E-Pub Terintegrasi Model Guided Inquiry Learning Materi Struktur Perkembangan Buah dan Biji Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi dan Menulis Sains Mahasiswa. Pembimbing (I) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (II) Dr. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci Literasi Sains Menulis Sains E-book Berbasis E-pub Keterampilan literasi sains dan menulis sains mahasiswa perlu ditingkatkan untuk menghadapi tantangan kecakapan hidup di abad ke-21. Literasi sains dan menulis sains dapat ditumbuhkan menggunakan e-book berbasis e-pub yang terintegrasi dengan model guided inquiry learning pada materi struktur morfologi buah dan biji serta proses perkembangan buah. Bahan ajar e-book berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning yang dikembangkan adalah produk yang valid praktis dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains dan menulis sains mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Biologi Uinversitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan tahun ajaran 2021/2022. Bahan ajar e-book berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning dikembangkan mengikuti model pengembangan dengan tahap ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Sumber data didapatkan dari hasil validasi (ahli materi ahli bahan ajar dan ahli praktisi pendidikan) angket respon mahasiswa dan nilai pretest posttest keterampilan literasi sains dan menulis sains mahasiswa. Hasil validasi oleh ahli materi ahli bahan ajar dan ahli praktisi pendidikan menunjukkan bahwa e-book berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis paired sample t test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-book berbasis e-pub terintegrasi model guided inquiry learning terhadap keterampilan literasi sains dan menulis sains mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254868 |
Actions (login required)
View Item |