Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google workspace terhadap keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan komunikasi siswa dalam pembelajaran biologi selama daring / Marosa Robi'atul Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google workspace terhadap keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan komunikasi siswa dalam pembelajaran biologi selama daring / Marosa Robi'atul Adawiyah

Adawiyah, Marosa Robi'atul Adawiyah (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google workspace terhadap keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan komunikasi siswa dalam pembelajaran biologi selama daring / Marosa Robi'atul Adawiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Corona virus memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia Pendidikan. Arahan pemerintah Indonesia tentang kegiatan di rumah selama pandemi COVID-19 adalah kegiatan belajar. Kegiatan belajar mengajar (KBM) dipindahkan di rumah namun harus tetap dikontrol oleh guru atau dosen dan orang tua dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh. Sekalipun pembelajaran selama pandemi dilakukan dalam jaringan (daring) namun tuntutan pengembangan keterampilan abad 21 harus dipenuhi. Berdasarkan temuan di lapangan keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan komunikasi jarang dikembangkan pada pembelajaran biologi. Hal ini disebabkan kesulitan guru dalam pengembangannya jika dilakukan secara daring. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah penerapan model Problem Based Learning berbantuan Google Workspace dalam pembelajaran biologi secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang menjalani pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Workspace dan pembelajaran reguler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian akan dilaksanakan di SMA Laboratorium di Kota Malang kelas XI (sebelas) tahun pelajaran 2020/2021 mata pelajaran Biologi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (sebelas) SMA Laboratorium. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 (sebagai kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (sebagai kelas kontrol). Perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli perangkat dan materi juga oleh praktisi lapangan. Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah diukur menggunakan soal tes awal dan tes akhir dengan soal esai yang telah disesuaikan dengan indikator keterampilan masing masing. Sedangkan keterampilan komunikasi diukur melalui lembar observasi keterampilan komunikasi. Analisis data menggunakan uji anakova sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas homogenitas linearitas dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pemecahan masalah dan komunikasi siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Workspace dengan pembelajaran reguler. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya model Problem Based Learning berbantuan Google Workspace ini dapat digunakan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran daring yang dapat diterapkan oleh guru biologi pada materi lainnya. Selain itu sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan mengenai manajemen kelas daring yang menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254864

Actions (login required)

View Item View Item