Pembelajaran modeling instruction terintegrasi conceptual problem solving untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari epistemic games pada materi hukum newton / Silvana Bontinge - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran modeling instruction terintegrasi conceptual problem solving untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari epistemic games pada materi hukum newton / Silvana Bontinge

Bontinge, Silvana (2020) Pembelajaran modeling instruction terintegrasi conceptual problem solving untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari epistemic games pada materi hukum newton / Silvana Bontinge. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep sangat erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Siswa akan menyelesaikan masalah dengan baik jika memahami konsep dengan baik. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilihat dari strategi siswa dalam memecahkan masalah. Pembelajaran modelling instruction terintegrasi CPS(conceptual problem solving) diharapkan dapat membantu siswa memahami esensi beserta fungsi hukum Newton dan dapat menerapkannya untuk memecahkan masalah secara bermakna, tidak sekedar plug and chug. Studi pemecahan masalah di bidang pengajaran fisika telah berhasil mengidentifikasi perbedaan strategi pemecahan masalah antara ahli (expert) dan pemula (novice). Kerangka Epistemic games dapat memberikan analisis yang lebih rinci tentang transisi siswa novice menjadi expert. Kerangka Epistemic Games digunakan untuk mengetahui strategi atau akitvitas yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah dimana penelitian tentang epistemic games sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penerapan pembelajaran modeling instruction teritegrasi CPS untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari Epistemic Games. Penelitian dilakukan menggunakan desain Explanatory. Penelitian dilakukan di kelas X SMA pada semester gebap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang terdiri dari 27 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Untuk melihat perbedaan skor dan peningkatan skor penguasaan konsep dan skor pemecahan dari pretest ke postest digunakan analisis Wilcoxon test dan Uji N-gain. Untuk mengkategorikan Epistemic Games siswa pada materi Hukum Newton digunakan lembar jawaban siswa, transkip wawancara dan rubrik. Pengaktegorian epistemic games menggunakan kerangka yang dikembangkan oleh Tuminaro dan Redish. Hasil penelitian menunjukkan pnguasaan konsep siswa pada materi Hukum Newton meningkat secara signifikan berdasarkan uji Wilcoxon. Hasil penguasaan konsep menunjukkan bahwa N-Gain berada pada kategori rendah. Rendahnya peningkatan penguasaan konsep siswa dikarenakan siswa pada soal 7 dan soal 8 skor siswa masih rendah. Hasil data secara statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan skor median kemampuan pemecahan masalah pretest dan posttest. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah juga didukung dengan N-Gain sebesar 0. 53 pada kategori sedang. Epistemic games yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah kuantitatif adalah Mapping Meaning to Mathematics (19 %), Mapping Mathematics to Meaning (22%), Physical Mechanism Game (26%), dan plug and chug (33%). Epistemic games yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah kualitatif adalah Mapping Meaning to Mathematics (33 %), Mapping Mathematics to Meaning (41%), Physical Mechanism Game (7%), Pictorial Analysis (7%), dan plug and chug (11 %).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254837

Actions (login required)

View Item View Item