Luthfi, Ahmad Nasich (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains gelombang cahaya siswa pada pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi stem / Ahmad Nasich Luthfi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains adalah dua kemampuan yang harus ada pada diri siswa di abad 21. Kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains merupakan variabel yang signifikan untuk melihat tingkat kreatifitas yang terbentuk di dalam diri siswa. Pada diri siswa akan terbentuk karakter yang kreatif jika siswa tersebut mahir dalam sains dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Ketika dalam diri siswa sudah terbentuk kepribadian yang kreatif maka diharapkan akan terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas tinggi dan tangguh untuk menjamin pelaksanaan dan kelangsungan pembangunan. Dari kebanyakan hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa masih tergolong rendah. Kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa menjadi lebih baik jika siswa dilibatkan pada metode pembelajaran yang lebih memfokuskan pada pemecahan masalah lewat proyek berbasis sains dalam proses pembelajaran. Antara lain adalah pelaksanaan pembelajaran dengan model project based learning (PjBL) terintegrasi STEM. Pengaplikasian pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM di ruang belajar kelas diharapkan untuk menciptakan pembelajaran efektif yang bermakna dan mempengaruhi perspektif siswa dalam mencari profesi masa depan. Dengan tujuan agar siswa menjadi inovator trend-setter kreator mandiri pemikir logis dan mahir terhadap teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa pada materi gelombang cahaya setelah menyelesaikan pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan desain penelitian embedded experimental design. Banyaknya siswa adalah 32 anak kelas XI IPA-1 yang mendapatkan materi gelombang cahaya pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar. Instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah adalah 5 soal uraian sedangkan untuk kemampuan literasi sains digunakan 25 soal pilihan ganda beralasan. Setiap variabel memiliki aturan penilaian yang berbeda untuk mendapatkan data kuantitatif. Analisis data kualitatif tergantung pada klasifikasi approach (pendekatan) kemampuan pemecahan masalah dan tingkat literasi sains siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa siswa mengalami perubahan dalam approach (pendekatan) kemampuan pemecahan masalah dan tingkat literasi sains setelah dilakukannya pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM. Kemampuan pemecahan masalah siswa berada dalam pendekatan memory-based approach plug amp chug terstruktur dan tidak terstruktur. Metode yang digunakan untuk menghadapi masalah tersebut menunjukkan bahwa siswa masih berada pada kelompok novice (pemula) sedangkan kemampuan literasi sains siswa berada pada tingkat sedang. Analisis uji-t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa hasil pretest dan posttest. Analisis N-gain dan effect-size menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa berada pada kategori sedang dan berdampak kuat. Jadi dapat disimpulkan jika pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM melatih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254826 |
Actions (login required)
View Item |