Budi, Bhakti Setya (2021) Pemosisian dalam kerja kelompok ditinjau dari umpan balik (feedback) siswa pada materi program linier / Bhakti Setya Budi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Budi, Bhakti. 2021. Pemosisian dalam Kerja Kelompok Ditinjau dari Umpan Balik (Feedback) Siswa pada Materi Program Linier. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susiswo, M.Si., (2) Dr. Subanji, M.Si. Kata Kunci: Pemosisian, Kerja Kelompok, Umpan Balik, Program Linier Keterampilan dalam kerja kelompok memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam pembelajaran matematika. Aktivitas kerja kelompok mendorong siswa untuk belajar bekerjasama antara satu anggota dengan anggota lainnya, siswa dapat belajar dari ide/pendapat siswa lain baik dalam satu kelompok maupun antar kelompok. Pemosisian dalam kerja kelompok membantu aktivitas kerja kelompok menjadi lebih efektif dan dinamis, siswa dengan posisi ahli/ekspert, fasilitator dan pemula/novice yang ditempatkan dalam satu kelompok memungkinkan untuk saling memberi dan bersama-sama membangun ide permasalahan serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan perpindahan posisi selama aktivitas kerja kelompok dengan umpan balik yang dilakukan siswa. Penelitian ini memeriksa interaksi pembelajaran melalui aktivitas kerja kelompok dengan menggunakan instruksi berbasis masalah, yaitu permasalahan Program Linier. Subjek penelitian siswa kelas XI Program IPS MA Raudhatul Muttaqien Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan jenis penelitian yang sesuai untuk penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diambil merupakan data deskriptif yang berupa kata-kata yang tertulis maupun lisan yang diperoleh dari siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika khususnya program linier, pola pemosisian siswa berubah dari waktu kewaktu, mereka membangun dan mempertahankan posisi secara terus menerus selama aktivitas kerja kelompok. Perpindahan posisi siswa terjadi pada semua posisi baik ahli/ ekspert, fasilitator dan pemula/ novice. Frekuensi pergerakan pertukaran posisi ahli dan fasilitator lebih tinggi dibandingkan dengan posisi pemula. Hubungan antara perpindahan posisi siswa dengan kemampuan matematika yang dihasilkan dapat ditunjukkan dari analisis percakapan yang diperoleh. Ketika siswa melakukan pergerakan pertukaran/negoisasi, mereka memposisikan diri terhadap rekan mereka dalam menyelesaikan tugas optimasi program linier baik secara kooperatif maupun kolaboratif. Analisis percakapan siswa dengan sistem negoisasi memungkinkan untuk memeriksa secara mendalam berbagai kejadian dan pekerjaan yang telah dilakukan siswa dengan informasi pola yang dibentuk secara menyeluruh. Siswa yang melakukan pergerakan pertukaran/negoisasi ataupun umpan balik menciptakan peluang untuk terlibat dalam penalaran matematika melalui penyelesaian tugas yang diberikan. Permasalahan optimasi program linier melatih siswa menggunakan pengetahuan matematis yang telah mereka pelajari untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Pemosisian dalam aktivitas kerja kelompok dapat mendorong pertukaran informasi dalam membangun ide, mengambil tindakan dalam menyelesaikan masalah ataupun menantang rekan mereka dalam mengambil keputusan bersama. Hal ini akan mendorong siswa untuk terlibat dalam pembelajaran kolaboratif melalui kerja kelompok. Melalui proses ini siswa akan saling menggeser posisi dan memberikan umpan balik satu dengan yang lain. Penelitian lanjutan tentang interaksi dan pola penentuan posisi siswa dalam kerja kelompok yang diatur dengan komposisi yang berbeda dapat dikaji secara mendalam untuk mendorong pemahaman dan penalaran matematis siswa. Selain itu diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami interaksi yang kompleks antara berbagai faktor yang mempengaruhi posisi siswa selama kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254785 |
Actions (login required)
View Item |