Nugraheni, Dinda Dwi (2021) Pengembangan asesmen berpikir kreatif siswa pada materi matematika kelas VIII/ Dinda Dwi Nugraheni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nugraheni, Dinda Dwi. 2021. Pengembangan Asesmen Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Matematika Kelas VIII. Tesis, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., Dr. Sisworo, M.Si. Kata Kunci : Pengembangan Asesmen, Berpikir Kreatif Keterampilan berpikir kreatif sangat penting dimiliki karena dalam kehidupan setiap orang selalu dihadapkan pada berbagai masalah yang harus dipecahkan dan menuntut keterampilan berpikir kreatif dalam menemukan solusinya. Untuk dapat melatih sekaligus memperoleh data tentang keterampilan berpikir kreatif siswa diperlukan adanya instrumen asesmen keterampilan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk instrumen untuk mengases keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi pola bilangan yang valid dan praktis. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan instrumen asesmen adalah model penelitian pengembangan oleh Plomp, karena dipandang luwes dan fleksibel, yaitu pada setiap langkahnya memuat kegiatan pengembangan yang dapat disesuaikan karakteristik penelitiannya. Tahapan penelitian model pengembangan Plomp adalah: 1) penelitian pendahuluan (preliminary research), 2) tahap pembuatan prototip (prototyping phase), 3) dan tahap asesmen (assessment phase). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2020/2021 pada materi pola bilangan sebanyak 24 siswa, serta guru matematika kelas tersebut. Data kevalidan instrumen asesmen yang diperoleh dari validator dianalisis menggunakan teknik analisis rata-rata yaitu memperoleh skor rata-rata 3,9. Berdasarkan interval kriteria tingkat kevalidan instrumen asesmen, maka instrumen asesmen yang dikembangkan sudah valid dan terdapat sedikit revisi pada instrumen yang divalidasi. Revisi dilakukan sesuai dengan saran dan komentar yang diberikan oleh validator. Dari pengisian angket pengguna instrumen diperoleh skor 3,8 yang berarti berdasarkan interval kriteria tingkat kepraktisan maka instrumen asesmen memiliki kriteria kepraktisan yang tinggi, sehingga respon pengguna terhadap instrumen dapat dikatakan positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254784 |
Actions (login required)
View Item |