Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan menulis pelajar BIPA tingkat pemula / Izhhar Amala Zein - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan menulis pelajar BIPA tingkat pemula / Izhhar Amala Zein

Zein, Izhhar Amala (2021) Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan menulis pelajar BIPA tingkat pemula / Izhhar Amala Zein. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan bahan ajar pada kegiatan pembelajaran berpengaruh dalam menentukan tujuan. Pengajaran kepada pelajar bahasa Indonesia atau penutur asing (BIPA) berkaitan dengan bahan ajar. Hal tersebut tentunya mendapat apresiasi dari lembaga dalam negeri maupun luar negeri. Meningkatnya minat pelajar BIPA harus dibarengi dengan meningkatnya kualitas bahan ajar BIPA. Keadaan dalam lapangan masih ditemukannya bahan ajar yang tidak layak dan tidak sesuai dengan konten materi yang diajarkan untuk pelajar BIPA. Bahan ajar perlu diperbarui untuk mendapatkan kualitas yang baik dan layak dalam mengajarkan materi. Dalam kebutuhan ini pelajar BIPA yang datang juga berbeda sehingga pengembangan bahan ajar yang dibuat tentu menyesuaikan kebutuhan pelajar. Karakteristik pelajar BIPA yang beragam menjadi penyebab pelajar BIPA yang datang ke Indonesia memiliki kesulitan dalam penggunaan lisan maupun tulis. Keterampilan berbahasa tulis digunakan dalam berkomunikasi tentu menjadi hal yang perlu dikuasai. Materi menulis pada bahan ajar disesuaikan dengan karakteristik pelajar BIPA dan kurikulum yang digunakan. Hal tersebut juga berkaitan dengan tingkat kemahiran pelajar BIPA. Bahan ajar menulis dengan pendekatan otentik untuk tingkat pemula tinggi sesuai dengan gambaran kurikulum ACTFL. Pendekatan otentik dalam hal ini menghadirkan bahan ajar atau materi yang memberikan tugas dan dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis beserta petunjuk penggunaanya untuk pelajar BIPA tingkat pemula dengan pendekatan autentik. Dalam menyusun materi bahan ajar BIPA dibutuhkan pemilihan materi yang sesuai dengan kompetensi pelajar BIPA. Hal tersebut untuk membuat pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan pelajar BIPA. Pembelajaran BIPA tingkat pemula kemahiran tinggi dapat mengekspresikan diri sehingga topik yang dibentuk masih seputar ruang lingkup kesehariannya. Dalam tingkat ini bahan ajar yang dibentuk berisi komponen yang sesuai dengan keterampilan menulis. Komponen dalam keterampilan menulis tersebut tentunya dapat mencapai tujuan memahami apa yang ingin disampaikan. Penggunaan pendekatan autentik dalam bahan ajar ini memberikan pengalaman yang berbeda terhadap pelajar BIPA. Pendekatan ini menggambarkan situasi yang rill dalam kehidupan sehingga sesuai dengan topik keseharian BIPA. Model penelitian ini menggunakan alur pengembangan Thiagarajan (1974) yakni 4-D (four-D Models). Alur pengembangan diadaptasi dan dimodifikasi yang terdiri atas 4P yaitu tahap penetapan perancangan pengembangan dan penyebaran. Tahap penetapan ini menghimpun data melalui observasi pada kurikulum ACTFL dan bahan ajar yang digunakan. Tahap perencanaan digunakan untuk mewujudkan bentuk bahan ajar untuk pelajar BIPA tingkat pemula tinggi dengan keterampilan menulis. Tahap pengembangan untuk memperoleh nilai kelayakan pada bahan ajar yang telah diujikan kepada validator ahli BIPA dan praktisi pengajar BIPA. Tahap penyebaran dilakukan penggandaan. Namun penelitian ini hanya terbatas dengan uji kelayakan dan tidak ada tahap penyebaran. Hal itu karena uji coba kepada subjek belajar tidak dilakukan karena pandemi Covid-19. Tahap penyebaran juga tidak dilakukan karena tidak berkaitan dengan nilai akademis. Penyebaran bisa dilakukan apabila dalam hal ini pengajar di institusi terkait ingin memperbanyak. Hasil produk bahan ajar pada unit yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas tujuh unit yaitu (1) Selamat datang di Indonesia (2) Berlibur Bersama (3) Ayo Hidup Sehat (4) Menjaga Lingkungan (5) Mulai Berbisnis (6) Budaya Indonesia (7) Mari Berdiskusi. Pemilihan tema tersebut dipilih karena sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pelajar BIPA tingkat pemula tinggi. Dalam isi materi isi juga didesain dalam menggunakan tata bahasa kosakata dan fungsi bahasa yang disesuaikan dengan kurikulum atau tingkat kemahiran. Dalam memotivasi pelajar BIPA tingkat pemula tinggi latihan bahan ajar menulis dapat digunakan langsung pada praktik sehari-hari. Dari data uji validasi ahli pembelajaran BIPA diperoleh hasil sebanyak 43% yang dalam kualifikasinya layak diimplementasikan tetapi harus direvisi. Dalam hasil praktisi BIPA 1 Sebanyak 50% dan praktisi BIPA 2 Sebanyak 57 5%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi beberapa masukan terkait variasi latihan penyajian bahan ajar dan tampilan bahan ajar. Saran dalam penelitian pengembangan ini meliputi (1) saran pemanfaatan (2) saran penyerbarluasaan dan (3) saran pengembangan produk lebih lanjut. Saran pemanfaatan bahan ajar dapat digunakan pengajar BIPA sebagai alternatif dari bahan ajar yang tersedia. Bahan ajar ini juga menjadi penelitian tetralogi dengan kemasan diskrit sehingga perlunya penyesuaian apabila digunakan pada kurikulum pembelajaran BIPA yang berbeda. Saran penyebarluasan hanya dilakukan melalui forum seminar nasional atau internasional. Dalam hal tersebut untuk memberikan informasi proses bahan ajar yang dibuat secara luas. Selain itu proses penyebarluasan bisa dilakukan melalui salinan digital kepada penyelenggara BIPA dari instansi negeri atau swasta. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu pengembangan bahan ajar menulis dengan tingkat yang kemahiran lebih lanjut dengan memperhatikan aspek isi kebahasaan dan penyajian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254698

Actions (login required)

View Item View Item