Aljabar, Moch. Tatlihin (2021) Kontribusi kompetensi tutor dan aktivitas belajar terhadap kemandirian anak jalanan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan / Moch. Tatlihin Aljabar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Persoalan tentang anak jalanan sangat beragam mulai dari persoalan sosial hingga persoalan ekonomi. Persoalan tersebut disebabkan dari banyak faktor sehingga anak jalanan membutuhkan banyak bimbingan dan perhatian yang lebih. Salah satu yayasan yang memberdayakan anak jalanan di kota Jakarta Selatan adalah Yayasan sahabat Kreatif Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi kompetensi tutor terhadap kemandirian anak jalanan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan (2) kontribusi aktivitas belajar terhadap kemandirian anak jalanan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan dan (3) kontribusi kompetensi tutor dan aktivitas belajar terhadap kemandirian anak jalanan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier ganda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Nonprobability Sampling. Untuk responden menentukannya dengan menggunakan teknik Total Quota Sampling yaitu jumlah sampel sebanyak 60 orang diambil keseluruhan. Pada instrumen yang diteliti menggunakan angket dengan pemanduan wawancara terstruktur. Hasil pengumpulan informasi digunakan wawancara berdasar alat yang sudah melalui pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil analisis uji hipotesis menyatakan bahwa kompetensi tutor berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap kemandirian anak jalanan. Aktivitas belajar juga berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap kemandirian anak jalanan. Kemudian kompetensi tutor dan aktivitas belajar secara simultan memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap kemandirian anak jalanan dengan besaran kontribusi sebanyak 87%. Kompetensi tutor dan aktivitas belajar masuk dalam kategori sangat tinggi begitu juga dengan tingkat kemandirian anak jalanan yang juga masuk dalam kategori sangat tinggi. Saran dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni kepada tutor anak jalanan di Yayasan Sahabat Kreatif Indonesia alangkah baiknya untuk mengikuti kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kompetensi dan aktivitas belajar untuk kemandirian anak jalanan misalnya dengan kegiatan seminar sosialisasi workshop studi banding serta kegiatan lainnya. Bagi Dinas Sosial agar dapat membuat kegiatan dalam rangka memfasilitasi para tutor anak jalanan dan mengupgrade kompetensi yang mereka miliki dan menciptakan aktivitas belajar yang menarik dengan kegiatan yang lebih bervariatif untuk memandirikan anak jalanan misalnya pendidikan dan pelatihan (Diklat) kompetensi guru/ tutor sosialisasi workshop seminar dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254678 |
Actions (login required)
View Item |