Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school pemerintah kabupaten sumenep (studi multisitus di smpn 1 sumenep dan smpn 1 ambunten) / Meila Hayudiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school pemerintah kabupaten sumenep (studi multisitus di smpn 1 sumenep dan smpn 1 ambunten) / Meila Hayudiyani

Hayudiyani, Meila Hayudiyani (2021) Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school pemerintah kabupaten sumenep (studi multisitus di smpn 1 sumenep dan smpn 1 ambunten) / Meila Hayudiyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah daerah Kabupaten Sumenep membuat gebrakan kebijakan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumenep khususnya di kalangan sekolah menengah pertama (SMP). Program kebijakan yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep adalah program sekolah digital yang biasa disebut dengan Digital school. Program ini sebagai sarana untuk sekolah dalam menghadapi era globalisasi. Berjalannya kebijakan pendidikan di sekolah tidak terlepas dari peran kepala sekolah yang memimpinnya. Program digital school di Sumenep pada saat ini mencakup pembelajaran dan penilaian peserta didik yang awalnya non-digital menjadi digital. Untuk menjalankan kebijakan ini tentunya kepala sekolah harus mempunyai kepemimpinan pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school pada tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi (2) Mendeskripsikan wujud orientasi perilaku kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school (3) Mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang berkaitan dengan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kebijakan digital school. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus komparatif konstan. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi di SMPN 1 Sumenep dan SMPN 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dilengkapi oleh guru dan orang tua sebagai informan tambahan. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan uji kredibilitas dependabilitas transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran berperan dalam a) perencanaan sebagai komunikator penyedia sarana dan prasarana dan fasilitator pelatihan guru b) pelaksanaan sebagai pemantau koordinator motivator guru pengarah guru dalam menyatukan visi dan misi pelaksanaan digital school c) evaluasi sebagai evaluator dan supervisor dalam implementasi kebijakan digital school (2) Kepala sekolah mempunyai orientasi perilaku dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran yaitu orientasi perilaku teknis simbolik hubungan manusia dan edukasional (3) Kepala sekolah dalam melaksanakan perannya sebagai pemimpin pembelajaran dikaitkan dengan a) faktor internal yaitu penetapan misi sekolah penataan pembelajaran dan penciptaan iklim sekolah yang positif b) faktor eksternal yaitu nilai dan harapan masyarakat dan juga struktur kelembagaan sekolah. Saran dari penelitian ini untuk a) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep agar melaksanakan evaluasi kebijakan digital school yang telah dicetuskan dan memberikan pembinaan berkesinambungan pada kepala sekolah di bidang kepemimpinan pembelajaran b) Kepala SMPN 1 Sumenep dan SMPN 1 Ambunten agar memberi perhatian penuh pada proses pembelajaran digital school melakukan evaluasi digital school secara berkelanjutan dan berperilaku proporsional dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran c) Guru SMPN 1 Sumenep dan SMPN 1 Ambunten agar meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan digital school meningkatkan kerja sama dengan kepala sekolah dan guru-guru yang lain dalam menyelesaikan setiap permasalahan pembelajaran digital school yang ditemui d) Peneliti lain agar mengembangkan fokus penelitian yang akan diteliti sehingga lebih banyak hasil penelitian yang mendukung teori tentang kepemimpinan pembelajaran dan menggunakan metode penelitian lain dengan konteks penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254669

Actions (login required)

View Item View Item