Kurniawan, Nanda Alfan (2021) Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik dialog sokrates dalam kerangka problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK / Nanda Alfan Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan yang urgen bagi siswa SMK. namun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMK berada pada tingakt rendah. Apabila kondisi ini diabaikan maka akan menimbulkan dampak merugikan bagi orientasi perkembangan siswasendiri pada lingkungan yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Dialog Sokrates dalam kerangka problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan time series design. Bentuk time series yang digunakan adalah equivalent time series design. Subyek penelitian adalah siswakelas X semester ganjil 2019/2020 sebanyak enam orang di SMK Y yang teridentifikasi memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan peneliti. Hasil analisis product moment memperoleh validitas 0 433 yang berarti item skala pengukuran valid. Sedangkan hasil pengukuran menggunakan analisis alpha Cronbach rsquo s memperoleh reabilitas 0 713 yang berarti item skala pengukuran reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mengukur perolehan skor pretest dan postest melalui pengujian statistik non parametrik menggunakan metode analisa The Wilcoxon Signed-rank test melalui aplikasi IBM SPSS ver.21 untuk windows. Data hasil pengukuran statistik mengunakan uji Wilcoxson dengan indeks 0 05 berdasarkan pengisian total responden pada P1 dan P2 sebesar 0 684 artinya tidak ada pengaruh intervensi P2 dan P3 sebesar 0 042 artinya ada pengaruh intervensi P3 dan P4 sebesar 0 498 artinya tidak ada pengaruh intervensi P1 dan P4 sebesar 0 167 artinya tidak ada pengaruh intervensi. Sedangkan hasil pengukuran statistik berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis srgumentasi dan asumsi sebesar 0 414 artinya tidak ada pengaruh intervensi aspek deduksi sebesar 0 043 artinya ada pengaruh intervensi serta aspek interpretasi dan kesimpulan sebesar 0 680 artinya tidak ada pengaruh intervensi. Perubahan atau pengaruh baru dapat tercapai pada P2 dan P3 aspek deduksi. Berdasarkan hasil pengukuran menunjukkan bahwa terjadi fluktuasi pengaruh perubahan pemberian intervensi kepada subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran bagi penelitian berikutnya untuk mengeksplorasi gejala sosial dan psikologis yang dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/253632 |
Actions (login required)
View Item |