Nawangsari, Novia Ernani (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division dipadu Numbered Heads Together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Novia Ernani Nawangsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nawangsasi Novia Ernani. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Ibrohim M.Si (2) Drs.H. M. Noviar Darkuni M.Kes. Kata Kunci Student Teams Achievement Division (STAD) Numbered Heads Together (NHT) Motivasi Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division dipadu Numbered Heads Together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Masalah yang ditemukan pada saat observasi dan wawancara pada siswa adalah rendahnya motivasi yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif STAD dipadu NHT. Variabel terikat yang digunakan adalah motivasi hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif berupa prestest dan posttest lembar penilaian psikomotor dan angket motivasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anakova melalui program SPSS 12.0 yang sebelumnya telah diuji homogenitas dan normalitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor antara siswa yang mendapatkan perlakuan STAD-NHT dengan siswa yang mendapat perlakuan STAD. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis terhadap motivasi belajar menunjukan nilai probabilitas sebesar 0 437 uji hipotesis terhadap hasil belajar kognitif menunjukan nilai probabilitas sebesar 0 383 dan uji hipotesis terhadap hasil belajar psikomotor menunjukan nilai probabilitas sebesar 0 383. Nilai probabilitas ketiga aspek yang diteliti menunjukan angka 8805 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor antara siswa kelas STAD-NHT dan siswa kelas STAD hal ini disebabkan kedua model pembelajaran sama-sama mampu meningkatkan aspek yang telah diteliti. Dengan hasil tersebut saran yang diperoleh adalah kedua model pembelajaran yaitu STAD-NHT atau STAD saja sama-sama berpeluang meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa tetapi yang lebih baik adalah model pembelajaran STAD-NHT karena nilai hasil uji hipotesis menunjukan hasil yang lebih tinggi dibanding model pembalajaran STAD saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24937 |
Actions (login required)
View Item |