Pengembangan modul biologi dengan model siklus belajar untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X di SMAN 2 Batu mengenai filum arthropoda / Rosy Irmaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi dengan model siklus belajar untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X di SMAN 2 Batu mengenai filum arthropoda / Rosy Irmaningtyas

Irmaningtyas, Rosy (2013) Pengembangan modul biologi dengan model siklus belajar untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X di SMAN 2 Batu mengenai filum arthropoda / Rosy Irmaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irmaningtyas Rosy. 2013. Pengembangan Modul Biologi dengan Model Siklus Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas X di SMAN 2 Batu mengenai Filum Arthropoda. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata kunci pengembangan modul siklus belajar Filum Arthropoda Perkembangan teknologi dan informasi serta sumber daya manusia (SDM) merupakan tantangan bagi penyelenggara pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yg dilakukan pemerintah adalah dengan penggunaan bahan ajar yang baik. Upaya ini bertujuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif efisien dan memiliki daya tarik yang tinggi khususnya pembelajaran biologi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 2 Batu guru belum pernah membuat bahan ajar untuk pembelajaran biologi. Berdasarkan observasi hanya ada 10 siswa dari 31 siswa (32% siswa) yang memiliki buku paket sebagai bahan referensi sehingga siswa sulit memahami materi khususnya materi Filum Arthropoda. Selain itu penggunaan LKS Biologi kurang terarah karena hanya berisi soal-soal sehingga siswa sulit membangun pengetahuannya sendiri. Permasalahan yang ada akan berdampak pada turunnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah siswa diberikan suatu bahan ajar yang komunikatif yaitu modul dengan model siklus belajar yang dapat membangun pengetahuan siswa dan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 3D yang diambil dari model 4D oleh Thiagarajan dengan beberapa penyesuaian sehingga lebih sesuai dengan fokus penelitian yang akan dilakukan. Model ini terdiri dari tahap pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena untuk memberikan kesempatan bagi peneliti lain. Model ini dipilih karena model ini dapat mencakup keseluruhan kebutuhan-kebutuhan yang akan digunakan untuk mengembangkan modul ini. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa data hasil validasi oleh ahli modul dan guru menunjukkan persentase 87 5 % dan 96 28 % yang termasuk kriteria sangat valid. Hasil uji coba lapangan diperoleh hasil belajar siswa pada ranah kognitif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan modul. Hasil belajar siswa pada ranah psikomotor menunjukkan hasil bahwa 32 2% siswa mendapat kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar. Akhirnya setelah melalui beberapa revisi dihasilkan produk akhir yaitu modul biologi dengan model siklus belajar untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X di SMAN 2 Batu mengenai Filum Arthropoda yang terdiri atas modul guru dan modul siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item