Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang keanekaragaman hayati kelas X - H SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / oleh Lailatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang keanekaragaman hayati kelas X - H SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / oleh Lailatul Fitriyah

Fitriyah, Lailatul (2005) Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang keanekaragaman hayati kelas X - H SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / oleh Lailatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMA Negeri I Bangil Pasuruand ipilih sebagatie mpatp enelitiank arenal etaknya yangs trategiss ebagawi ilayah pesisir( denganb eberapatu mbuhank hasy aitu waru bakauk etepengj e ruju dan beluntas)d an mempunyaih alamans ekolahy ang ditanami berbagami acamt umbuhan yang dapat dimanfaatkan langsungd alam pembelajaran terutamap ada pokok bahasank eanekaragamanh ayati. Penelitiani ni bertujuanu ntuk l)mengetahui apakahp enerapanP embelajaran BerdasarkanM asalah denganm etode praktikum dapat meningkatkan pemahamank onsep tentangk eanekaragamahna yatip adas iswak elasX -H SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan sebagadi aerahp esisir 2) mengetahuia pakahp nerapanP embelajaranB erdasarkan Masalah dengan metode praktikum dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap keterampilanb erpikir siswat entangk eanekaragamahna yati padas iswak elasX -H SMA NegeriI Bangil Pasuruans ebagadi aerahp esisir 3 ) mengetahuai pakahp enerapan PembelajaraBn erdasarkanM asalahd enganm etodep raktikum dapatm enjadikans iswa kelasX -H SMA Negeri I Bangil Pasuruans ebagapi ebelajarm andiri Penelitiani ni menggunakanp endekatank ualitatifdan kuantitatifdenganjenis PenelitianT indakanK elas (PTK) yang dilakukand alam dua siklus. Setiaps iklus meliputi kegiatanp erencanaanti ndakan pelaksanaant indakan pengamatand an refleksi. Subyek penelitiannyaa dalahs iswak elasX -H SMA Negeri I Bangil Pasuruany ang berjumlah4 0 orang. Tindakan I berupa pengajaran biologi dengan menerapkan pembelajaran berdasarkanm asalahd enganm etode praktikum pada sub pokok bahasank eanekaragamang en dank eanekaragamajenn is. Dari 40 siswak elasX -H dibagi menjadi 8 kelompok. Tindakan 2 berupa pengajaran biologi dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalahd enganm etode praktikum pada sub pokok bahasank eanekaragamane kosistem. Hasil analisisd atad iperolehd ayas erapk elasp adas iklus I sebesa3r 2 5 Yod engan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa. Pada siklus II daya serap kelas sebesar6 7 5 Yo dengans iswa yang tuntas belajar sebanyak2 7 siswa. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan metode prallikum dapat meningk4tkanp emahamank onsep tentang keanekaragamanh ayati pada siswa. Selain itu dari data hasil pengamatan dan catatan lapangan diketahui bahwa penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan metode praktikum dapat menumbuhkan dan mengembangkans ikap keterampialn berpikir siswa tentang keanekaragamanh ayati pada siswa kelasX -H SMA Negeri I Bangil Pasuruand and apatm enjadikans iswak elasX -H SMA Negeri I Bangil Pasuruans ebagapi ebelajarm andiri. Berdasarkanh asil penelitian m aka dapatd isarankanh al-hal sebagabi erikut (l) kepada pihak sekolah agar tetap memelihara tanaman yang sudah ada atau bahkan dapat menambahk oleksij enis-jenist anaman k arenab esamyap erananl ingkungans ekolah dalam pembelajaran (2). sebelum menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah seyogyanya siswa sudah dilatih untuk memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan (3) metode ini supaya diterapkan pada pokok bahasan dan mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24538

Actions (login required)

View Item View Item