A content evaluation on printed materials "UM Lab Junior High School Module VII" / Ayu Srikhandi Pramudya Septia Adistie - Repositori Universitas Negeri Malang

A content evaluation on printed materials "UM Lab Junior High School Module VII" / Ayu Srikhandi Pramudya Septia Adistie

Adistie, Ayu Srikhandi Pramudya Septia (2013) A content evaluation on printed materials "UM Lab Junior High School Module VII" / Ayu Srikhandi Pramudya Septia Adistie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci buku pelajaran bahasa Inggris SMP analisa buku Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa banyak buku bahasa Inggris berjudul UM LAB Junior High School English Module VII yang digunakan dan diterbitkan oleh SMP LAB UM memenuhi persyaratan dari standar isi BSNP dan kriteria buku bahasa Inggris yang baik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku dari segi (1) standar kompetensi dan kompetensi dasar (2) tata letak (3) isi kebahasaan (4) kemampuan bahasa (5) topik (6) kepraktisan buku Penelitian ini terfokus pada desain analisa buku dengan tujuan menganalisa buku pelajaran Bahasa Inggris yang sedang digunakan SMP LAB UM kelas VII. Sumber data buku Bahasa Inggris adalah UM LAB Junior High School Module VII. Instrumen yang digunkan dalam penelitian ini adalah checklist dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa buku tersebut dikategorikan sesuai dengan standar is BSNP dengan prosentase 62.5%. Selanjutnya dari criteria buku buku bahasa Ingris yang baik pertama dari segi tata letak buku ini dikategorikan sesuai. Kedua dari segi isi kebahasaan kemampuan bahasa dan kepraktian buku buku tersebut dikategorikan cukup sesuai. Terakhir dari segi topic buku tersebut dikategorikan hampir sesuai. Oleh karena itu secara umum buku bahasa Inggris UM LAB Junior High School English Module VII dikatakan cukup sesuai untuk digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran karena rata-ratanya telah memenuhi 66% kesesuaian dengan criteria buku EFL yang baik. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan pada penulis buku untuk meningkatkan kualitas buku pelajaran dengan mempertimbangkan beberapa aspek yaitu listening skill speaking skill grammar dan materi untuk pronunciation. Penerbit juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas penampilan buku karena buku tersebebut tidak berwarna. Para guru khususnya guru pengajar kelas VII juga disarankan untuk menemukan dan menyiapkan materi belajar sebagai bahan ajar tambahan untuk melanjutkan proses belajar dan mengajar. Untuk peneliti yang akan datang dengan topik yang sama penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi dan disarankan untuk membuat pertimbangan yang seksama dalam memilih kriteria untuk mengevaluasi buku bahasa Inggris untuk dapat menemukan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245126

Actions (login required)

View Item View Item