Parts of speech in advertisement slogans and readers' attitudes / Almas Adibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Parts of speech in advertisement slogans and readers' attitudes / Almas Adibah

Adibah, Almas (2013) Parts of speech in advertisement slogans and readers' attitudes / Almas Adibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adibah Almas. 2013. Parts of Speech in Advertisement Slogans and Readers Attitudes. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Evynurul Laily Zen M.A. Kata kunci parts of speech slogans readers attitudes Slogan merupakan satu dari sekian banyak elemen yang menyusun iklan. Secara umum slogan merupakan kumpulan beberapa kata atau frase yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca sehingga slogan sekaligus iklan yang dipublikasikan melekat dalam benak pembaca. Kata-kata kreatif yang dipilih untuk membentuk slogan memiliki sifat dan memberikan efek yang berbeda-beda kepada pembaca karena kata-kata tersebut termasuk dalam kelas kata (parts of speech) yang berbeda yang tentu saja mengusung sifat dan fungsi yang tidak sama antara satu dan lainnya. Penelitian ini membahas tentang parts of speech yang digunakan oleh advertisers di 18 slogan yang berbeda dari majalah internasional Harper s Bazaar Indonesia edisi Desember 2012 Januari 2013 serta sikap pembaca terhadap parts of speech tersebut. Penelitian ini menerapkan model penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diambil dari 18 slogan yang terdapat di Harper s Bazaar Indonesia edisi Desember 2012 Januari 2013 dan juga responden yaitu mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang angkatan 2009 dan 2010 yang diarahkan untuk melakukan pengisian kuesioner guna mengetahui sikap atau preferensi mereka terhadap parts of speech yang digunakan oleh pembuat iklan serta faktor-faktor yang memengaruhi sikap mereka. Pengidentifikasian parts of speech dilakukan berdasarkan teori dari Aarts dan Aarts (1982) sedangkan analisa sikap pembaca didasarkan pada teori Sternberg dan Sternberg (2009) dan Wang dan Ruhe (2007). Hasil penelitian menunjukkan dari 11 parts of speech berdasarkan teori Aarts dan Aarts (1982) 8 diantaranya digunakan dalam 18 slogan tersebut. Parts of speech tersebut jika diurutkan dari prosentase penggunaan tertinggi hingga terendah adalah nouns (37 5%) adjectives (16 7%) verbs (12 5%) prepositions (11 1%) pronouns (6 94%) articles (6 94%) adverbs (5 55%) conjunctions (2 77%) serta interjections numerals dan quantifiers yang tidak digunakan sama sekali (0%). Pembaca yang berperan sebagai responden memberikan sikap positif dan preferensinya kepada 5 parts of speech yaitu nouns adjectives verbs adverbs dan pronouns dengan prosentase pemilih yang berbeda-beda di tiap slogan. Secara teori pembaca harus melewati setidaknya 2 tahap untuk dapat menentukan sikap atau pereferensi mereka yaitu dengan reading untuk menganalisis pilihan yang ada serta decision making sebagai tahap terpenting. Dalam menentukan preferensinya mayoritas pembaca menggunakan strategi pengambilan keputusan yang tercakup dalam kategori intuitive rational-static dan empirical. Pembahasan hasil penelitian menyajikan elaborasi antara hasil penelitian dan teori-teori yang mendasari analisisnya sehingga deskripsi hasil menjadi lebih lengkap dan jelas. Berdasarkan hasil yang penelitian saat ini disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan teori yang lebih anyar dalam pengidentifikasian parts of speech dengan catatan teori tersebut sama atau lebih detail dari teori yang digunakan dalam penelitian ini. Disamping itu peneliti selanjutnya yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian disarankan untuk menyusun instruksi sejelas mungkin guna meminimalisir kesalahpahaman responden dalam pengisian kuesioner. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mencoba instrumen lain ketika melibatkan responden misalnya interview yang dapat menghasilkan data yang lebih akurat karena ruang interaksi antara peneliti dan responden lebih luas jika dibandingkan dengan kuesioner walaupun interview akan memakan lebih banyak waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245124

Actions (login required)

View Item View Item