The teaching of English at Autism Elementary Laboratory School State University of Malang / Trisna Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of English at Autism Elementary Laboratory School State University of Malang / Trisna Aprilia

Aprilia, Trisna (2013) The teaching of English at Autism Elementary Laboratory School State University of Malang / Trisna Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Autis SD Autisme Laboratorium UM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di SD Autisme Laboratorium UM. Penelitian dilaksanakan di SD Autisme Laboratorium UM karena sekolah ini mengadaptasi kurikulum reguler dari pemerintah untuk siswa mereka yang berkebutuhan khusus. Fokus penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan Indonesia kecuali standar pengelolaan dan mendeskripsikan peran orang tua dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan melaksanakan dua kali observasi observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa item berikut ini. Berkaitan dengan standar isi sekolah ini mengadaptasi kurikulum regular dari pemerintah meskipun guru harus memodifikasi dan menyesuaikan kurikulum tersebut dengan kondisi peserta didik mereka. Sedangkan untuk beban belajar proses pembelajaran sering berakhir sebelum waktunya karena berdasarkan keterangan guru peserta didik sering cepat merasa bosan. Suhubungan dengan standar proses guru telah membuat silabus dan RPP sebelum kegiatan pembelajaran akan tetapi ada beberapa komponen yang kurang seperti standar kompetensi yang tidak terdapat pada silabus dan indicator materi pembelajaran serta metode pembelajaran yang tidak terdapat pada RPP yang telah dibuat oleh guru. Sedangkan proses pembelajarannya dapat dikategorikan cukup monoton. Guru sering melakukan drilling memberikan tugas kepada siswa tanpa ada aktivitas lain yang menarik. Menilik pada standar kompetensi lulusan tidak ada standar minimal yang harus dipenuhi siswa untuk lulus mata pelajaran Bahasa Inggris. Sehubungan dengan standar pendidik guru pada kelas tersebut kurang memenuhi syarat sebagai guru untuk mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya untuk siswa autis karena tidak memiliki latar belakang pendidikan untuk pendidikan khusus dan atau Bahasa Inggris. Sedangkan pada standar fasilitas dan infrastruktur media yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran hanya terbatas pada buku teks terbitan esis dan Sindunata serta lembar kerja yang dibuat sendiri oleh guru. Sekolah tidak mempunyai ruang khusus untuk perpustakaan dan laboratorium bahasa mempertimbangkan keadaan siswa tetapi di kelas terdapat almari berisi buku sebagai perpustakaan mini. Sehubungan pada system pendanaan pendidikmenggunakan dana yang telah disiapkan oleh sekolah untuk menambah media dan fasilitas belajar seperti berupa buku teks dan lembar kerja siswa. Menilik pada proses penilaian pendidik menilai peserta didik hanya terbatas dengan teknik paper and pencil test saja karena menurut keterangan guru sangat sulit untuk menilai kompetensi lain seperti speaking. Beberapa saran ditujukan kepada sekolah guru dan peneliti lain. Sekolah disarankan untukmemberikan bimbingan yang memadai kepada para guru tentang mengajar Bahasa Inggris untuk siswa autis. Untuk guru Bahasa Inggris khususnya di sekolah autis disarankan agar memperluas pengetahuan mengenai bagaimana mengajar Bahasa Inggris untuk siswa autis.Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar meneliti pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa autis di jenjang pendidikan lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245103

Actions (login required)

View Item View Item