Improving the students' writing ability at MTs Mambaul Ulum through the use of picture cards / Moh. Ali Ridlo - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the students' writing ability at MTs Mambaul Ulum through the use of picture cards / Moh. Ali Ridlo

Ridlo, Moh. Ali (2012) Improving the students' writing ability at MTs Mambaul Ulum through the use of picture cards / Moh. Ali Ridlo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kartu bergambar menulis teks deskriptive. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan proses dan hasil siswa dalam membuat deskriptif teks. Siswa tidak mengerti perintah guru secara jelas sehingga mereka tidak mengerti apa yang harus mereka tulis. Disisi lain ketika mereka ingin atau diperintahkan untuk menulis mereka menulis kata atau kalimat tetapi mereka tidak mengerti apakah benar atau salah dan tulisan mereka mempunyai arti atau tidak. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kartu bergambar bisa meningkatkan kemampuan menulis siswa di MTs Mambaul Ulum. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu pada penggunaan kartu bergambar dalam peningkatan menulis paragrap deskriptif siswa. Penelitian in dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dimana peneliti sebagai guru sedangkan guru bahasa Inggris asli sebagai observer. Subyek dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas 8B di MTs Mambaul Ulum. Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dua minggu secara keseluruhan. Pada tahap perencanaan peneliti membuat RPP instrument penelitian dan penentuan kriteria keberhasilan. Pada tahap pelaksanaan peneliti melaksanakan penelitian berdasarkan RPP yang telah dirancang. Pada tahap pengamatan peneliti mengumpulkan data tentang penggunaan kartu bergambar melalui beberapa instrumen seperti kuisioner lembar observasi dan catatan. Pada tahap refleksi tahap refleksi ini dilakukan untuk mengetahui hasil penggunaan kartu bergambar dan untuk menelaah yang tidak hanya sebagai evaluasi tetapi sebagai pemandu informasi untuk merevisi perencanaan pembelajaran yang dipakai. Peneliti menemukan bahwa penggunaan kartu bergambar bisa meningkatkan kemampuan menulis deskriptive teks. Adanya kriteria keberhasilan jika nilai rata-rata siswa bisa mencapai atau lebih dari 67. Hasil dari siklus 1 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 64 6. Terdapat 38.5% siswa yang mencapai nilai atau di atas SKBM dan 61.5% siswa yang tidak mencapai nilai atau dibawah SKBM. Sedangkan siswa yang tertarik menggunakan kartu bergambar hasil dari kuisioner adalah 88 5 %. Hasil dari siklus 2 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 67 8. Terdapat 53.8% siswa yang mencapai nilai atau di atas SKBM dan 46.2% siswa yang tidak mencapai nilai atau dibawah SKBM. Sedangkan siswa yang tertarik menggunakan kartu bergambar dari hasil kuisioner adalah 96.2 % dan siswa yang tidak tertarik menggunakan kartu bergambar adalah 3.8%. Hal itu bisa disimpulkan bahwa peneliti telah mencapai seluruh kriteria keberhasilan. Berdasarkan temuan penelitian hal itu bisa disimpulkan bahwa implemetasi penggunaan kartu bergambar bisa mengatasi masalah kemampuan menulis descriptive siswa kelas delapan B di MTs Mambaul Ulum. Oleh karena vi ix itu peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris seharusnya kreatif dalam menemukan tekhnik mengajar sehingga material yang dipelajari bisa lebih mudah dimengerti oleh siswa. Salah satu tekhnik yang harus diperhatikan adalah penggunaan kartu bergambar karena bisa meningkatkan motivasi dan siswa lebih percaya dalam menulis paragrap deskripsi. Bagi dosen bahasa Inggris hasil pembelajaran ini bisa mengakomodir mereka dalam proses pembelajaran hususnya dalam menggunakan kartu bergambar. Peneliti lain diharapkan untuk memadukan penelitian yang sejenis dengan skill yang lain demi peningkatan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244879

Actions (login required)

View Item View Item