Sudarwati, Emy (2005) English borrowing in Kompas articles / by Emy Sudarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci membaca kritis silabus Walaupun dalam kenyataannya pelajaran membaca kritis di bangku kuliah sangat penting namun pengajaran membaca kritis di jurusan bahasa Inggris di Universitas Brawijaya masih belum lengkap. Hal ini dikarenakan silabus dan materi ini mata kuliah ini masih belum memadai mengingat mata kuliah membaca kritis masih baru saja diterapkan sehingga belum banyak hal yang dilakukan. Selama ini penerapan mata kuliah membaca kritis di jurusan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya masih berdasarkan pada silabus yang masih sangat memerlukan banyak perbaikan. Maka dari itu mendesain silabus untuk mata kuliah membaca kritis yang sesuai untuk mahasiswa semester dua di jurusan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya adalah hal yang tak bisa dihindarkan. Prosedur penelilitian dan pengembangan diterapkan pada penelitian ini. Model pengembangan silabus yang digunakan menganut model pengembangan silabus oleh Yalden (1987) dengan sedikit modifikasi. Model pengembangan ini meliputi sembilan tahapan yaitu (1)analisis kebutuhan (2)penjabaran tujuan (3)pemilihan jenis silabus (4)pembuatan proto-silabus (5)pembuatan silabus pedagogis (6)validasi ahli (7) uji lapangan) (8)evaluasi dan perbaikan and (9)produk akhir. Produk akhir silabus ini meliputi unit kompetensi dasar indikator aktivitas belajar dan mengajar tama metode dan media sumber evaluasi dan ketersediaan waktu. Silabus ini juga dilengkapi dengan rencana pembelajaran yang sudah diuji secara empiris selama proses uji lapangan. Produk ini akan mampu mencapai tujuan utamanya secara optimal jika didukung oleh lebih banyak waktu sumber daya dan keterlibatan banyak pihak. Dengan prosedur dan langkah-langkah yang sudah dilakukan bisa disimpulkan kalau produk akhir dari silabus membaca kritis ini telah melalui tahapan berdasarkan model pengembangan Yalden (1987). Selain itu silabus ini juga telah divalidasi oleh para ahli dalam proses validasi ahli disertai dengan uji empiris di lapangan dalam proses try out. Disarankan pada dosen bahasa Inggris yang mengajar mata kuliah membaca kritis dan mahasiswa jurusan bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah membaca kritis untuk menggunakan silabus membaca kritis ini sebagai patokan. Pembahasan tentang produk yang dihadiri oleh dosen jurusan Bahasa Inggris bisa dilakukan sebelum mata kuliah membaca kritis ini dilaksanakan pada suatu semester. Saran lain juga ditujukan bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama. Mereka disarankan untuk melanjutkan penelitian ini dengan membuat lebih banyak rencana pembelajaran dan mengembangkan silabus membaca kritis ini ke dalam bahan ajar untuk membaca kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/244791 |
Actions (login required)
View Item |