Peningkatan hasil belajar meringkas teks penjelasan melalui model cooperative script pada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar / Fransiska Helwa Dimmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar meringkas teks penjelasan melalui model cooperative script pada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar / Fransiska Helwa Dimmayanti

Dimmayanti, Fransiska Helwa (2019) Peningkatan hasil belajar meringkas teks penjelasan melalui model cooperative script pada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar / Fransiska Helwa Dimmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Dimmayanti Fransiska Helwa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Meringkas Teks Penjelasan Melalui Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd Kata Kunci hasil belajar meringkas Cooperative Script Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ketika guru mengajar meringkas teks penjelasan kepada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 diketahui bahwa guru belum memperhatikan tahapan dalam meringkas melainkan guru langsung mengharapkan siswanya untuk dapat meringkas sekali jadi. Sehingga dalam membuat sebuah ringkasan banyak siswa yang tidak mengembangkan gagasan utama yang ada pada setiap paragraf melainkan siswa menulis ulang teks bacaan yang ada dan ketika batas waktu yang diberikan sudah habis siswa belum selesai dalam meringkas teks penjelasan. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar meringkas teks penjelasan siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Script dalam meringkas teks penjelasan dan peningkatan hasil belajar meringkas teks penjelasan pada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (plan) tindakan (act) pengamatan (observe) dan refleksi (reflect). Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanggayam 02. Data dalam penelitian ini adalah data proses dan hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar. Aktivitas guru pada siklus I dan siklus II yaitu 100%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 92 9% dan siklus II meningkat menjadi 97 3%. Rata-rata nilai pra tindakan siswa 62 dengan ketuntasan belajar klasikal 34 6% meningkat menjadi 68 46 dengan ketuntasan belajar klasikal 65 38% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80 96 dengan ketuntasan belajar 88 46%. Pada aspek keterampilan siklus I rata-rata nilai optimum siswa yaitu 76 19 dengan ketuntasan belajar klasikal 80 77% dan pada siklus II rata-rata nilai optimum siswa yaitu 93 08 dengan ketuntasan belajar klasikal 96 15%. Sedangkan pada aspek sikap yang terdiri atas percaya diri teliti dan tanggung jawab menunjukkan bahwa dalam setiap pertemuan dalam siklus I dan II meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar meringkas teks penjelasan pada siswa kelas V SDN Karanggayam 02 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menerapkan model Cooperative Script dalam meringkas teks penjelasan agar dapat tercipta pembelajaran yang aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/237255

Actions (login required)

View Item View Item