Widayati, Riska Atik (2016) Pengembangan buku ajar kimia untuk materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) untuk peserta didik SMA kelas XI IPA / Riska Atik Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widayati Riska Atik. 2016. Pengembangan Buku Ajar Kimia untuk Materi Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk Peserta didik SMA Kelas XI IPA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Kimia Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) merupakan salah satu materi kimia yang sulit bagi peserta didik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik pada materi tersebut tergolong rendah. Rendahnya pemahaman dapat mengakibatkan peserta didik mengalami kesalahan dalam memahami konsep (miskonsepsi). Beberapa hal yang menyebabkan kesulitan peserta didik antara lain karakteristik materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) buku ajar yang digunakan minat baca yang rendah dan proses belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut perlu pengembangan buku ajar yang dapat menutupi kekurangan buku ajar yang telah ada agar dapat mengurangi miskonsepsi meningkatkan pemahaman meningkatkan minat baca dan meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik pada materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan mengetahui kelayakan buku ajar kimia pada materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) untuk peserta didik SMA kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D (four D-models) yang meliputi 4 tahap yaitu define (perencanaan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini terbatas pada tahap define design develop tanpa melakukan tahap disseminate. Buku ajar hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yaitu satu dosen Kimia UM dan dua guru Kimia SMAN 1 Grogol Kediri dan uji keterbacaan dilakukan pada 10 peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Grogol Kediri. Data hasil validasi dan uji keterbacaan terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif diperoleh dari perhitungan nilai rata-rata untuk mengetahui kelayakan buku ajar dan data kualitatif berupa komentar kritik dan saran dari validator untuk memperbaiki buku ajar yang dikembangkan. Produk hasil pengembangan berupa buku ajar kimia pada materi kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp). Hasil validasi buku ajar oleh validator menunjukkan bahwa kelayakan komponen isi sebesar 83% komponen penyajian sebesar 85% komponen kegrafisan sebesar 88% dan komponen bahasa sebesar 83%. Sehingga persentase kelayakan buku ajar yang diperoleh sebesar 85% dengan kriteria layak digunakan. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan persentase kelayakan sebesar 90% dengan kriteria sangat layak digunakan. Buku ajar hasil pengembangan diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai buku pendamping bagi guru maupun peserta didik dan juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pembelajaran remedial bagi peserta didik yang belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |