Amalia, Fitriana Rizqi (2015) Identifikasi kesulitan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung dalam menyelesaikan soal-soal Stoikiometri menggunakan Analisis Langkah penyelesaian Soal / Fitriana Rizqi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amalia Fitriana Rizqi. 2015. Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kauman Tulungangung dalam Menyelesaikan Soal-soal Stoikiometri Menggunakan Analisis Langkah Penyelesaian Soal. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci identifikasi kesulitan stoikiometri analisis langkah Stoikiometri merupakan salah satu materi kimia yang terdiri dari banyak hitungan serta konsep yang memerlukan algoritma dan pemahaman konsep untuk menyelesaikannya sehingga siswa merasa kesulitan untuk memecahkan masalah stoikiometri. Kesulitan yang dialami siswa sangat beragam sehingga sulit dideteksi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang dapat mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah stoikiometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kesulitan siswa pada langkah-langkah penyelesaian soal konsep-konsep stoikiometri (2) tingkat kesulitan siswa pada masing-masing langkah penyelesaian soal konsep-konsep stoikiometri dan (3) penguasaan konsep siswa terhadap konsep-konsep stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah 59 siswa kelas XI MIA 7 dan XI MIA 8 SMA Negeri 1 Kamuan Tulungagung yang dipilih dengan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 soal uraian dan wawancara tidak terstruktur. Data kesulitan siswa diperoleh dengan menentukan besarnya persentase siswa yang menjawab benar pada setiap langkah penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan siswa pada langkah-langkah penyelesaian soal konsep-konsep stoikiometri tergolong cukup (45 9%) (2) tingkat kesulitan siswa pada masing-masing langkah penyelesaian tergolong tinggi (37 3%) dan (3) penguasaan konsep siswa terhadap konsep-konsep stoikiometri secara umum tergolong cukup (45 9%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22154 |
Actions (login required)
View Item |