Cholida, Dewi Fitria (2013) Pengembangan bahan ajar materi larutan penyangga, hidrolisis garam, dan kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk siswa SMA/MA / Dewi Fitria Cholida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Cholida Dewi Fitria. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga Hidrolisis Garam dan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Siswa SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata Kunci bahan ajar Learning Cycle 5 fase Larutan Penyangga Hidrolisis Garam Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. 12288 12288 12288 12288 Kompleksitas bahan kajian Larutan Penyangga Hidrolisis Garam dan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan memerlukan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang membangun ketrampilan proses siswa dan yang dapat membentuk karakter peneliti pada diri siswa. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep Larutan Penyangga Hidrolisis Garam dan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Materi ini mengandung konsep yang abstrak bersifat hirarki kontekstual dan memerlukan ketrampilan matematik untuk memahaminya. Melalui pendekatan konstruktivistik siswa akan membangun struktur kognitifnya melalui interaksi dengan lingkungan sekitar. Salah satu model pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran LC 5E diperlukan suatu bahan ajar. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar Larutan Penyangga Hidrolisis Garam dan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan model LC 5E serta menguji tingkat kelayakannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural yang mengacu pada 10 langkah Borg dan Gall. Namun karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini langkah yang dilakukan hanya sampai pada langkah kelima Langkah-langkah tersebut adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan produk (3) pengembangan produk (4) uji lapangan awal (5) revisi hasil uji coba. Desain validasi pengembangan bahan ajar menggunakan validasi isi dan uji keterbacaan. Validasi isi dilakukan oleh 1 orang dosen kimia UM dan 2 orang guru SMA. Uji keterbacaan dilakukan terhadap 6 siswa SMA kelas XI program keahlian IPA. Tujuan dari uji keterbacaan adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Jenis data berupa saran komentar dan kritik sebagai data kualitatif dan angket penilaian dengan skala Likert sebagai data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan berupa bahan ajar yang terdiri dari 3 bagian yaitu (1) pendahuluan (2) isi dan (3) penutup yang dilengkapi dengan silabus dan RPP. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli menunjukkan rata-rata 3 33 dan uji keterbacaan/validasi terbatas menunjukkan rata-rata 3 30. Kesimpulan dari hasil validasi menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan ini valid dan tidak memerlukan perubahan yang signifikan. Bahan ajar yang dikembangkan sudah layak untuk dilakukan uji lapangan awal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22047 |
Actions (login required)
View Item |