Pengembangan bahan ajar analisis fotometri dan spektrofotometri berbasis learning cycle 5-E untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian kimia analisis SMKN 02 Batu / Yuni Pebrianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar analisis fotometri dan spektrofotometri berbasis learning cycle 5-E untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian kimia analisis SMKN 02 Batu / Yuni Pebrianty

Pebrianty, Yuni (2013) Pengembangan bahan ajar analisis fotometri dan spektrofotometri berbasis learning cycle 5-E untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian kimia analisis SMKN 02 Batu / Yuni Pebrianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pebrianty Yuni. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Analisis Fotometri dan Spektrofotometri Berbasis Learning Cycle 5-E Untuk Siswa Kelas IX Komptensi Keahlian Kimia Analisis SMKN 02 Batu. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Hj.Hayuni Retno W. M.Si (II) Drs.H. Santoso M.Si. Kata Kunci Bahan ajar Learning Cycle 5-E Fotometri dan Spektrofotometri. 12288 12288 12288 12288 SMKN 02 Batu merupakan salah satu SMK dengan program keahlian teknik kimia yaitu kimia analisis yang mampu mencetak tenaga terampil dibidangnya dan siap untuk terjun dalam dunia kerja. Berdasarkan wawancara dengan guru kimia diperoleh informasi mengenai keterbatasan bahan ajar selama proses pembelajaran khususnya buku pegangan guru pada materi produktif sehingga perlu dilakukan pengembangan bahan ajar. Dalam penelitian ini materi yang dikembangkan adalah materi analisis fotometri dan spektrofotometri dilengkapi dengan RPP. Materi ini sangat penting dikuasai oleh siswa SMK untuk bisa diterapkan dalam dunia industri dan diujikan dalam UNAS serta materi ini mengalami keterbatasan bahan ajar. Oleh karena itu tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dilengkapi RPP materi analisis fotometri dan spektrofotometri berbasis Learning Cycle 5-E fase untuk SMKN 02 Batu serta menguji kelayakannya. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar yang dikembangkan diadaptasi dari model pembelajaran Dick Carey terdiri dari 10 langkah yang saling berhubungan yaitu (1) identifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) identifikasi kemampuan awal dan karkterisktik siswa (4) merumuskan pengalaman belajar (5) mengembangkan item tes berbasis kriteria (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan produk awal (8) melaksanakan evaluasi formatif (9) revisi pembelajaran dan (10) melaksanakan evaluasi formatif. Pada penelitian ini terbatas sampai tahap ke sembilan. Desain validasi produk pengembangan hanya sampai pada validasi isi. Validasi isi bahan ajar yang dilengkapi dengan RPP dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 2 guru kimia SMK. Setelah dilakukan validasi oleh validator kemudian dilakukan uji keterbacaan oleh kelompok kecil yang terdiri dari 10 siswa kelas IX AK SMKN 02 Batu. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis nilai rata-rata. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari pengembangan adalah bahan ajar dan RPP. Hasil analisis nilai rata-rata terhadap validasi isi dan uji keterbacaan bahan ajar dari validator diperoleh secara berurutan 3 75 dan 3 14 dengan kriteria valid. Hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 81 dengan kriteria valid. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahan ajar analisis fotometri dan spektrofotometri yang dilengkapi dengan RPP berbasis Learning Cycle 5-E sudah layak dan baik untuk dilakukan uji lapangan awal atau dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item View Item