Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi iksidasi-reduksi secara makroskopik, mikroskopik, serta siboliknya siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Swit Ivinten Gimiarci - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi iksidasi-reduksi secara makroskopik, mikroskopik, serta siboliknya siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Swit Ivinten Gimiarci

Gimiarci, Swit Ivinten (2013) Identifikasi tingkat pemahaman konsep larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi iksidasi-reduksi secara makroskopik, mikroskopik, serta siboliknya siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Swit Ivinten Gimiarci. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gimiarci Swit Ivinten. 2013. Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Larutan Elektrolit Non-elektrolit dan Reaksi Oksidasi-Reduksi secara Makroskopik Mikroskopik serta Simboliknya Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Santosa M.Si. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata kunci makroskopik mikroskopik simbolik elektrolit dan non-elektrolit reaksi oksidasi-reduksi. 12288 12288 12288 12288 Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan alam tentang materi yang mempelajari struktur materi sifat-sifat materi perubahan materi serta manfaat materi. Kimia merupakan salah satu pelajaran yang tergolong sukar karena bersifat abstrak sehingga memerlukan kemampuan berfikir yang abstrak pula dalam mempelajarinya. Pembelajaran kimia pada umumnya lebih menekankan representasi kimia pada tingkat makroskopik dan simbolik. Padahal diperlukan pemahaman pada tingkat makroskopik mikroskopik dan simbolik untuk mempelajari konsep-konsep kimia terutama konsep-konsep yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep larutan elektrolit non-elektrolit dan reaksi oksidasi-reduksi siswa pada tingkat makroskopik mikroskopik serta simbolik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pada penelitian ini peneliti mengukur pemahaman siswa mengenai suatu materi yang sudah diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode pengambilan sampel kelompok/cluster acak sederhana. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X7 SMA Negeri 7 Malang. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 44 soal dengan lima alternatif jawaban. Verifikasi instrumen terdiri atas validitas isi dan uji coba instrumen yang hasilnya dianalisis untuk menentukan validitas butir soal daya beda tingkat kesukaran serta reliabilitas tes. Berdasarkan hasil verifikasi diketahui bahwa reliabilitas instrumen sebesar 0 87. Setelah diverifikasi instrumen diperbaiki dan digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan persentase jawaban benar dan salah. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman (1) konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada tingkat makroskopik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria tinggi (76 39%) (2) konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada tingkat mikroskopik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria sedang (47 19%) (3) konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit pada tingkat simbolik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria sedang (50 62%) (4) konsep reaksi oksidasi-reduksi pada tingkat makroskopik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria tinggi (71%) (5) konsep reaksi oksidasi-reduksi pada tingkat mikroskopik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria kurang (25%) (6) konsep reaksi oksidasi-reduksi pada tingkat simbolik siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang termasuk dalam kriteria sedang (43 75%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item