Meylindra, Iska (2013) Identifikasi pemahaman konsep larutan asam basa melalui gambar mikroskopik pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang / Iska Meylindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pemahaman konsep gambaran mikroskopik larutan asam basa. Salah satu tujuan pengajaran kimia di SMA/MA adalah peserta didik dapat memahami konsep-konsep prinsip teori kimia dan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Untuk menyelesaikan masalah dalam kimia dibutuhkan pemahaman konsep yang tepat. Konsep kimia sebagian besar memiliki sifat abstrak dan berjenjang. Larutan asam basa merupakan salah satu konsep dasar kimia bersifat abstrak yang membutuhkan pemahaman sampai tingkat mikroskopik. Gambaran mikroskopik digunakan untuk membantu siswa memahami konsep abstrak. Pembelajaran kimia umumnya lebih menekankan pemahaman konsep tingkat makroskopik dan simbolik sedangkan pemahaman tingkat mikroskopik jarang dikaitkan dalam setiap konsep yang diajarkan. Hal ini sesuai dengan pembelajaran kimia di SMA Negeri 5 Malang yang menekankan pada pemahaman makroskopik simbolik dan algoritmik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi pemahaman konsep larutan asam basa melalui gambaran mikroskopik tentang asam basa Arrhenius Bronsted-Lowry pasangan asam basa konjugasi dan Lewis larutan asam poliprotik larutan asam basa berdasarkan derajat ionisasi ( 945 ) hasil reaksi netralisasi asam kuat dan basa kuat (2) mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep larutan asam basa melalui gambaran mikroskopik dan (3) mengidentifikasi pemahaman konsep asam basa melalui gambaran mikroskopik yang mudah dan sulit serta penyebab kesulitan tersebut bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah 33 siswa kelas XI IPA 3 yang dipilih secara teknik sampling kelompok (cluster). Instrumen yang digunakan berupa soal tes objektif dengan 5 alternatif jawaban sebanyak 21 soal dan pedoman wawancara. Soal yang digunakan sebagai instrumen memiliki validitas isi sebesar 84 92% dan reliabilitas sebesar 0 767. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep siswa mengenai larutan asam basa melalui gambaran mikroskopik berdasarkan tes tergolong cukup (64 29%) yang terdiri dari asam basa Arrhenius tergolong baik (79 39%) Bronsted-Lowry dan pasangan asam basa konjugasi tergolong baik (71 52%) Lewis tergolong kurang (54 54%) asam poliprotik tergolong cukup (62 12%) asam basa berdasarkan derajat ionisasi ( 945 ) tergolong cukup (60 60%) reaksi netralisasi asam kuat dan basa kuat tergolong cukup (57 58%) (2) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep larutan asam basa melalui gambaran mikroskopik kemungkinan disebabkan karena siswa (a) menganggap asam lemah atau basa lemah dalam air akan terionisasi sebagian tetapi molekul yang terionisasi lebih banyak (b) sulit membedakan antara asam basa Bronsted-Lowry dengan asam konjugasi-basa konjugasi Bronsted-Lowry dan menentukan asam basa Lewis sama dengan menentukan asam basa Bronsted-Lowry (c) menganggap bahwa tidak terdapat molekul asam lemah poliprotik pada tahap ionisasi setelah ionisasi pertama (d) tidak memahami derajat ionisasi dengan benar (e) menganggap molekul air sebagai pelarut sama dengan molekul air hasil reaksi dan menganggap jika salah satu asam atau basa berlebih maka hasil reaksi hanya terdapat ion pembentuk garam dengan salah satu ion berlebih tanpa terdapat ion H atau OH- yang berlebih (3) sub konsep asam basa Arrhenius cenderung paling mudah dipahami oleh 62 5% siswa melalui gambaran mikroskopik dan (4) sub konsep asam basa Lewis cenderung paling sulit dipahami oleh 62 5% siswa melalui gambaran mikroskopik dengan alasan (a) konsepnya sulit (b) sulit membedakan asam Lewis dan basa Lewis serta sering terbalik dengan asam basa Bronsted-Lowry (c) gambaran mikroskopiknya rumit sehingga sulit menentukan asam basa Lewis dan (d) tidak memahami tentang perpindahan elektron dalam asam basa Lewis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22029 |
Actions (login required)
View Item |