Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 5E-STAD dan model pembelajaran LC 5E-TPS pada materi reaksi redoks kelas C MAN Malang II Batu / Anisatul Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 5E-STAD dan model pembelajaran LC 5E-TPS pada materi reaksi redoks kelas C MAN Malang II Batu / Anisatul Khoiriyah

Khoiriyah, Anisatul (2013) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 5E-STAD dan model pembelajaran LC 5E-TPS pada materi reaksi redoks kelas C MAN Malang II Batu / Anisatul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci LC 5E-STAD LC 5E-TPS reaksiredoks hasilbelajar Pembelajarankonstruktivistikmerupakanpembelajaran yang berpusatpadasiswa (student centered). Model pembelajaran yang bersifat student centered diantaranya adalah model pembelajaranLearning Cycledan model pembelajaran kooperatif. Dalampembelajarankimia biasanyadigunakanpembelajarankonven sionalyaituceramah yang mengakibatkansiswapasifdalam proses pembelajarandanberdampakpadahasilbelajar yang kurangmaksimal. Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswadiperlukan model pembelajaran yang membuatsiswalebihaktifsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajar.Metode yang dapatdigunakanyaitu model pembelajaranLC 5E-STADdanLC 5E-TPS.Penelitianinidilaksana-kandengantujuanuntuk (1) mendeskripsikanketerlaksanaan model pembela-jaranLC 5E-STADdan model pembelajaranLC 5E-TPS (2)mengetahuiperbe daanhasilbelajarsiswa yang dibela -jarkan menggunakan model pembelajaranLC 5E-STADdan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaranLC 5E-TPSpadamaterireaksi redoks. Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu (quasy experi mental design) dengan model rancanganduakelompok.Keduakelompoktersebutdigunakansebagaikelaseksperimen.Satukelaseksperimenmeng gu nakan model pembelajaranLC 5E-STADdankelaseksperimen yang lainmeng-gunakan model pembelajaranLC 5E-TPS. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X MAN Malang II Batu. Pengambilansampelpenelitiandila ku kansecara acak berkelompok (cluster random sampling) dan didapatkan kelas X-3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-TPS dan kelas X-4sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-STAD. Materi yang digunakandalampenelitianyaitumaterireaksioksidasidanreduksikelas X semester 2 yang diajarkanselama4 kali pertemuanatau4 (3 x 45 menit). Instrumen yang digunakandalampenelitianterdiridariduainstrumenyaituins tru menperlakuan (terdiriatassilabus RPP handout dan LKS) daninstrumenpengukuran(terdiriatasteshasilbelajardanlembarobservasipembelajaran).Teshasilbelajarterdiridari25 soaldenganvaliditasisisebesar 97% danreliabilitastesr11 0 797. Data yang diperolehmeliputipenilaianketerlaksanaanproses pembelajaran nilaiafektif nilaikuis danhasilbelajarsiswadariulanganharian. Analisis data terdiridarianalisisstatistik yang menggunakanuji t dengantarafsignifikan 945 0 05dananalisisdeskriptifuntuk data hasilobservasipembelajaran. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) keterlaksanaan model pembela jaranpadakelasLC 5E-TPS(x 773 97 00%) dankelasLC 5E-STAD(x 773 96 15%) tergolongterlaksanasangatbaik (2) terdapatperbedaanhasilbelajarantarasiswayang dibelajarkanmenggu nakan model pembelajaranLC 5E-STADdansiswa yang dibelajarkanmenggu nakanmodel pembelajaranLC 5E-TPSpadamaterireaksiredoks. Hasilbelajarsiswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLC 5E-TPS(x 773 81 41) lebihtinggidaripadahasilbelajarsiswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLC 5E-STAD(x 773 76 73).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item