Pengembangan perangkat pembelajaran praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 materi laju reaksi berbasis learning cycle 5 fase / Nurul Khusnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 materi laju reaksi berbasis learning cycle 5 fase / Nurul Khusnawati

Khusnawati, Nurul (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 materi laju reaksi berbasis learning cycle 5 fase / Nurul Khusnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perangkat pembelajaran praktikum kimia SMA Laju Reaksi Learning Cycle 5 Fase Ilmu kimia mencakup konsep makroskopis submikroskopis serta simbolis yang menuntut siswa dapat memahami konsep tersebut secara menyeluruh. Pemahaman komprehensif dapat diperoleh apabila pembelajaran dilakukan dengan mengkaji konsep teoritis dan melakukan kegiatan praktikum secara terpadu. Kegiatan praktikum yang banyak dilakukan pada proses pembelajaran umumnya hanya bertumpu pada kegiatan verifikasi oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan praktikum yang lebih menekankan pada keterampilan sains siswa. Namun prosedur praktikum seperti yang dikehendaki belum tersedia sehingga perlu dikembangkan perangkat pembelajaran praktikum berbasis Learning Cycle5 Fase. Pendekatan konstruktivisme merupakan dasar pengembangan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Learning Cycle efektif dalam memotivasi siswa memfasilitasi pemahaman konsep sains yang lebih baik mengembangkan sikap dan pola pikir yang positif terhadap sains serta meningkatkan kemampuan proses sains. Penelitian ini bersifat penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian yang diadaptasi dari desain pengembangan pembelajaran menurut Dick Carey. Produk yang diharapkan bisa dihasilkan antara lain Hand Out Petunjuk Praktikum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Laju Reaksi berbasis Learning Cycle 5 Fase disertai pedoman penilaian dan kunci jawaban. Uji validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk yang meliputi validasi isi dan uji keterbacaan terbatas. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif melalui instrumen angket. Data hasil uji validasi dianalisis dengan teknik analisis rata-rata selanjutnya produk direvisi sesuai hasil analisis data serta saran dari validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji validasi isi terhadap produk Hand Out Petunjuk Praktikum dan RPP Laju Reaksi berbasis Learning Cycle 5 Faseberturut-turut sebesar 3 07 3 22 dan 3 44serta memiliki kriteria validasi yang valid. Selain itu nilai rata-rata uji keterbacaan terbatas terhadap Petunjuk Praktikum dan Hand Out Laju Reaksi berturut-turut 3 37 dan 3 38 serta memiliki kriteria validasi sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dapat diketahui bahwa produk tersebuttelah memenuhi kriteria validasi dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran praktikum Laju Reaksi. Pada penerapan produk pengembangan guru dan siswa disarankan untuk mencermati dan memahami terlebih dahulu petunjuk penggunaan produknya serta disarankan pula untuk mengikuti dan melaksanakan fase/ kegiatan dalam proses pembelajaran yang telah direncanakan agar diperoleh hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item