Pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII / Agus Lukman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII / Agus Lukman Hakim

Hakim, Agus Lukman (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII / Agus Lukman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media learning management system senyawa karbon. Pembelajaran yang hanya dilakukan di kelas memiliki beberapa kelemahan di antaranya sumber belajar terbatas pembelajaran kurang efektif dan tidak mampu mengakomodasi gaya dan kecepatan belajar siswa. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan gaya dan kecepatan belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan sebuah media yang mampu memberikan nuansa baru dalam pembelajaran memberikan beragam sumber belajar yang dapat diakses setiap saat oleh siswa sehingga mampu mengakomodasi gaya dan kecepatan belajar siswa. Salah satu alternatif yang diajukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis learning management system (LMS) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi di bidang internet. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis learning management system untuk materi senyawa karbon serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Four-D Model yang meliputi tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan dilakukan uji validasi dan uji kelompok kecil. Uji validasi media yang dilakukan terdiri dari dua macam yaitu uji validasi desain oleh validator ahli media dari dosen Jurusan Teknologi Pendidikan UM dan uji validasi materi oleh ahli materi dari dosen Jurusan Kimia UM dan dua orang guru. Pelaksanaan uji kelompok kecil melibatkan 10 siswa SMA kelas XII yang telah menerima materi senyawa karbon. Kriteria kelayakan hasil validasi media dan uji kelompok kecil untuk tiap item pada angket yaitu 3 26-4 00 untuk kriteria sangat layak 2 51-3 25 untuk kriteria layak 1 76-2 50 untuk kriteria kurang layak dan perlu dilakukan revisi dan 1 00-1 75 untuk kriteria tidak layak dan perlu dilakukan revisi total. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis learning management system yang dapat diakses melalui alamat e-learning.fmipa.um.ac.id. Pada media yang dikembangkan terdapat tujuh topik yang masing-masing topik dilengkapi dengan bahan ajar animasi worksheet menu upload tugas link ke website lain forum diskusi dan chat. Pada akhir media juga dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang bisa dikerjakan siswa secara online. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran senyawa karbon oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 4 00 sedangkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3 75 dengan skala maksimal 4 00. Hasil uji kelompok kecil terhadap media pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3 75 sehingga berdasarkan penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item View Item