Perbedaan hasil belajar stoikiometri larutan siswa kelas XI semester II SMA Widya Dharma Turen Malang yang diajar dengan permainan kimia berwawasan Chemoedutainment (CET) dan konvensional / Rahmi Fitrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar stoikiometri larutan siswa kelas XI semester II SMA Widya Dharma Turen Malang yang diajar dengan permainan kimia berwawasan Chemoedutainment (CET) dan konvensional / Rahmi Fitrina

Fitrina, Rahmi (2013) Perbedaan hasil belajar stoikiometri larutan siswa kelas XI semester II SMA Widya Dharma Turen Malang yang diajar dengan permainan kimia berwawasan Chemoedutainment (CET) dan konvensional / Rahmi Fitrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci permainan kimia chemoedutaiment prestasi stoikiometri larutan Kurikulum KTSP menekankan keterlibatan siswa secara aktif untuk menemukan konsep sendiri dalam proses pembelajaran di dalam semua mata pelajaran termasuk ilmu kimia serta menuntut siswa untuk mencapai ketuntasan belajar yang dicerminkan oleh nilai kognitif nilai afektif dan nilai psikomotorik. Nilai psikomotorik bisa diambil dari nilai praktikum siswa sedangkan afektif dari tingkah laku siswa sehari-hari. Salah satu prinsip psikologi belajar manyatakan bahwa makin besar keterlibatan siswa siswa dalam kegiatan maka makin besar baginya untuk mengalami proses belajar karna selama proses pembelajaran siswa sangat dimungkinkan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Tujuan penilitian adalah (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan permainan kimia berwawasan Chemoedutaiment (CET) dengan siswa yang diajar secara konvensional pada materi stoikiometri larutan (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode permainan kimia berwawasan Chemoedutaiment (CET) dengan siswa yang diajar secara konvensional pada materi pokok stoikiometri larutan (3) Mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran kimia pada materi pokok stoikiometri larutan. Penelitian menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) dan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI semester 2 SMA Widya Dharma Turen Malang tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah tiga kelas yaitu kelas XI-IA1 sampai XI-IA3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling kelompok. Dari teknik tersebut diperoleh sampel dalam penelitian adalah kelas XI-IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan menggunakan permainan kimia berwawasan chemoedutaiment(CET) dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru (metode konvensional). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah perangkat pembelajaran. Dari hasil uji coba tes prestasi belajar diperoleh 32 soal valid dengan tingkat realibilitas 0 914. Perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan permainan kimia berwawasan chemoedutaiment(CET) dengan siswa yang diajar secara konvensional pada materi pokok stoikiometri larutan dimana nilai rata-rata kelas eksperimen awal sebelum materi stoikiometri larutan adalah 84 95 dan pada kelas kontrol adalah 84 49 dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan permainan kimia berwawasan chemoedutaiment(CET) lebih tinggi (87 28) siswa yang diajar dengan metode konvensional (79 66). Motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode permainan kimia berwawasan chemoedutaiment(CET) lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajar secara konvensional pada materi stoikiometri larutan. Persentase siswa yang termotivasi pada kelas eksperimen sebesar 82.93% sedangkan pada kelas kontrol memperoleh persentase sebesar 76 19%. Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran kimia dengan materi stoikiometri larutan sebagian besar adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode permainan kimia berwawasan chemoedutaiment (CET) lebih efektif meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa sehingga permainan kimia berwawasan chemoedutaiment(CET) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran kimia terutama untuk sekolah-sekolah swasta di daerah yang masih memiliki fasilitas kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22005

Actions (login required)

View Item View Item