Rohmah, Rosyidah Syafaatur (2012) Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep termokimia pada siswa kelas XIA2 SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Rosyidah Syafaatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi konsep sukar kesalahan konsep termokimia Termokimia termasuk konsep kimia mempelajari kalor yang menyertai proses fisika dan kimia. Konsep termokimia merupakan konsep abstrak karena kalor tidak dapat diamati oleh mata. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep termokimia. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang karena berdasarkan nilai ulangan harian termokimia siswa kelas XI-A2 yang tidak tuntas sebanyak 51 3%. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi (1) Persepsi konsep sukar dalam konsep termokimia yang dimilki siswa kelas XI-A2 SMAN 2 Malang berdasarkan persentase jawaban salah siswa (PJS) (2) Kesalahan konsep termokimia yang dialami siswa kelas XI-A SMAN 2 Malang berdasarkan persentase konsistensi jawaban salah siswa (PK) lebih besar sama dengan 10%. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI-A2 SMAN 2 Malang. Jenis pemilihan sampel yang digunakan adalah komprehensif. Subjek penelitian adalah kelas XI-A2 SMA Negeri 2 Malang sebanyak 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik berbentuk 18 soal objektif dengan 5 pilihan jawaban dan wawancara. Validitas dan reliabilitasnya berturut-turut adalah 70% dan 0 689. Analisis data menggunakan korelasi biserial (Rbis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi konsep sukar yang dimiliki siswa kelas XI-A2 SMAN 2 Malang berdasarkan persentase jawaban salah (PJS) adalah konsep lingkungan sebanyak 62 86% eksotermik sebesar 94 29% endotermik sejumlah 82 86% entalpi pembentukan dan entalpi pembakaran dengan PJS berturut-turut adalah 80% dan 68 57%. (2) Kesalahan konsep yang dialami siswa kelas XI-A2 SMAN 2 Malang berdasarkan persentase konsistensi jawaban salah siswa (PK) lebih besar sama dengan 10% adalah siswa menganggap bahwa reaksi pembentukan dari senyawa bukan unsur sebesar 14 29%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21947 |
Actions (login required)
View Item |