Pengaruh penggunaan modul pembelajaran learning cycle-5E untuk materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada siswa kelas XI semester 2 MAn 3 Malang terhadap hasil belajar / Binti Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan modul pembelajaran learning cycle-5E untuk materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada siswa kelas XI semester 2 MAn 3 Malang terhadap hasil belajar / Binti Afifah

Afifah, Binti (2011) Pengaruh penggunaan modul pembelajaran learning cycle-5E untuk materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada siswa kelas XI semester 2 MAn 3 Malang terhadap hasil belajar / Binti Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul pembelajaran model Learning Cycle -5E kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan belajar siswa secara mandiri sehingga pengetahuan yang dikuasai siswa adalah hasil belajar yang dilakukannya sendiri. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan belajar siswa secara mandiri masih cukup rendah oleh karena itu model pembelajaran hendaknya menciptakan dan menumbuhkan keaktifan siswa. Salah satu model pembelajaran yang mendukung hal tersebut yaitu model learning cycle -5E. Keterlaksanaan model pembelajaran yang efektif dan efisien tergantung pada sumber belajar yang relevan. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan adalah bahan ajar yang berupa modul dengan pembelajaran model LC -5E. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penerapan modul pembelajaran mampu meningkatkan prestasi/hasil belajar dari peserta didik. Hanafi (2008) dalam sikripsinya menyatakan bahwa ketuntasan belajar pada pembelajaran menggunakan modul 94 12% sedangkan pada pembelajaran tanpa modul 55 88% Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan modul dengan pembelajaran model LC -5E pada materi Kelarutan (s) dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) pada siswa MAN 3 Malang kelas XI Semester 2. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design). Rancangan penelitian yang dipilih adalah model desain postest only control group design. Untuk mengetahui Persepsi siswa dan validasi empirik terhadap penggunaan modul selama proses pembelajaran pada siswa kelas XI MAN 3 Malang digunakan rancangan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes yang terdiri dari soal objektif dan subjektif presepsi siswa terhadap modul pembelajaran digunakan angket tertutup dan terbuka. Analisis data hasil eksperimen terdiri atas analisis data awal berupa uji normalitas uji homogenitas dan uji-t dan analisis data akhir berupa uji normalitas uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji-t 2 pihak dengan 945 0 05 tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle -5E berbantuan modul dengan rata-rata sebesar 82 32 dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle -5E berbantuan LKS dengan rata-rata sebesar 77 15. Berdasarkan hasil angket siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle -5E berbantuan modul yakni 76 32% Artinya penggunaan modul pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai kuis nilai afektif dan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan modul lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle -5E berbantuan LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21839

Actions (login required)

View Item View Item