Pengembangan modul pembelajaran materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester 2 / Beti Novita Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester 2 / Beti Novita Efendi

Efendi, Beti Novita (2010) Pengembangan modul pembelajaran materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester 2 / Beti Novita Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul pembelajaran model Learning Cycle 5-E Kelarutan (s) dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Perkembangan pendidikan yang terjadi diseluruh dunia menuntut Pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan yang telah ada dengan melakukan perbaikan kurikulum. Lahirnya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan PP Nomor 19 tahun 2005 merupakan dasar dari KTSP yang berlaku sekarang ini. Adanya KTSP mampu merubah paradigma pendidikan yang sebelumnya Behavioristik menjadi Konstruktivistik. Model pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik salah satunya yaitu Learning Cycle 5-E. Pada proses pembelajarannya siswa dituntun untuk memperoleh pengetahuannya sendiri melalui beberapa tahapan/fase di setiap pertemuan. Tahapan/fase tersebut adalah engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Sumber belajar yang relevan diperlukan untuk mendukung keterlaksanaan model tersebut. Pengembangan bahan ajar berupa modul merupakan salah satu cara untuk menyediakan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran materi Kelarutan (s) dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) model Learning Cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI Semester 2. Pengembangan modul dilakukan sesuai dengan model pengembangan Borg Gall yang terdiri dari 10 tahapan/langkah. Pada pelaksanaannya hanya tiga dari 10 tahapan/langkah tersebut yang dilakukan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan produk (modul) dan (3) pengembangan produk. Modul berupa draft kasar melewati proses validasi produk yang dilakukan oleh satu orang dosen kimia dan tiga orang guru kimia SMA/MA. Validasi produk dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari produk (modul) yang dibuat supaya bisa dilakukan revisi/perbaikan. Instrumen yang digunakan berupa angket terbuka (komentar/saran) dan tertutup (diberi skala penilaian). Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan diperoleh modul Kelarutan (s) dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 yang terbagi dalam enam pertemuan dan alokasi waktu 2 x 45 menit untuk tiap pertemuan. Hasil validasi semua aspek penilaian modul Kelarutan (s) dan Hasil kali Kelarutan (Ksp) memperoleh nilai rata-rata total sebesar 3 52 (valid) sehingga layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item