Penggunaan strategi pembelajaran peta konsep pada awal dan akhir pembelajaran dalam upaya peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X semester II tahun ajaran 2008/2009 MAN Malang 3 pada materi senyawa hidrokarbon / Rahayu Retnoningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi pembelajaran peta konsep pada awal dan akhir pembelajaran dalam upaya peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X semester II tahun ajaran 2008/2009 MAN Malang 3 pada materi senyawa hidrokarbon / Rahayu Retnoningtyas

Retnoningtyas, Rahayu (2009) Penggunaan strategi pembelajaran peta konsep pada awal dan akhir pembelajaran dalam upaya peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X semester II tahun ajaran 2008/2009 MAN Malang 3 pada materi senyawa hidrokarbon / Rahayu Retnoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan saat ini dituntut tidak hanya pada peningkatan kualitas kecerdasan siswa secara intelektual tetapi juga kreatif inovatif beriman berakhlak mulia dan tanggap terhadap potensi yang ada di masyarakat. Hal ini sesuai dengan tujuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru dituntut untuk mengembangkan dan memilih strategi pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Strategi pembelajaran peta konsep merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme. Penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran kimia merupakan salah satu cara untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami konsep-konsep materi yang ada dalam pelajaran kimia. Penelitian ini menerapkan penggunaan strategi peta konsep awal dan akhir pembelajaran untuk materi senyawa hidrokarbon. Materi ini dipilih karena materi ini cukup sulit untuk dipahami karena mencakup aspek-aspek golongan senyawa struktur senyawa tatanama senyawa gugus fungsi dan reaksi-reaksi yang terjadi dalam senyawa hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada awal dan akhir pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran peta konsep pada awal pembelajaran dengan pembelajaran konvensional ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran peta konsep pada akhir pembelajaran dengan pemelajaran konvensional dan ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan peta konsep pada awal pembelajaran dengan peta konsep pada akhir pembelajaran pada materi senyawa hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini ada tiga kelas (X-A X-C dan X-D) yang diambil dari tujuh kelas X yang ada dengan tingkat kemampuan awal yang sama. Instrumen dalam penelitian ini berupa (1) instumen evaluasi untuk mengukur prestasi belajar siswa dan (2) angket untuk mengukur sikap siswa terhadap penggunaan peta konsep. Data penelitian yang diperoleh diuji statistik yaitu uji normalitas uji homogenitas kesamaan dua rata-rata baik untuk data kemampuan awal maupun hasil belajar dan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran peta konsep dengan yang tidak diajar dengan pembelajaran peta konsep. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 yang diajar dengan peta konsep pada awal pembelajaran (80 52) kelas eksperimen 2 yang diajar dengan peta konsep pada akhir pembelajaran (74 79) dan kelas kontrol (61 75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran peta konsep pada awal pembelajaran maupun peta konsep pada akhir pembelajaran lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensioanal (ceramah). Prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajarn peta konsep pada awal pembelajaran lebih baik daripada yang dijar dengan pembelajaran peta konsep pada akhir pembelajaran. Sikap siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran peta konsep sangat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item