Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi pokok asam rasa pada pembelajaran kimia di SMA kelas XI / Agus Galih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi pokok asam rasa pada pembelajaran kimia di SMA kelas XI / Agus Galih

Agus Galih (2009) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi pokok asam rasa pada pembelajaran kimia di SMA kelas XI / Agus Galih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan kemajuan ICT saat ini dapat dikembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan komputer. Media pembelajaran sangat diperlukan saat ini mengingat kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menggunakan pendekatan konstruktivistik. Pada pendekatan konstruktivistik pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mengkontstruk pengetahuan. Dengan demikian media pembelajaran yang interaktif menarik dan mudah dimengerti ketersediaannya sangat diperlukan dalam pelajaran kimia. Salah satu materi kimia yang di dalamnya masih terdapat konsep yang bersifat abstrak adalah materi asam-basa. Oleh sebab itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif menarik dan mudah dipahami untuk materi asam-basa. Pengembangan media pembelajaran asam-basa ini dilakukan mengikuti model rencana pengembangan Dick and Carrey dengan sedikit penyesuaian. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan umum pengembangan media (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan media pembelajaran (7) mendesain dan melaksanakan uji kelayakan hasil pengembangan (8) merevisi hasil pengembangan (media pembelajaran) dan (9) produksi hasil pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data validitas adalah angket/kuesioner.Validator penelitian ini terdiri dari seorang dosen kimia sebagai validator konten dan lima orang guru SMA sebagai validator uji terbatas. Jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Pengumpulan data dilakukan setelah paket program komputer yang dibuat selesai disusun. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Asam-Basa berbentuk CD. Media ini dirancang selain untuk pengajaran konvensional juga agar dapat digunakan untuk model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dihasilkan mempunyai tingkat validasi 80 22% untuk validasi konten dan 86 45% untuk uji terbatas media ini telah layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk mengajarkan materi Asam-Basa di SMA Kelas XI. Walaupun demikian efektivitas penggunaan media ini masih perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan empiris di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item