Fardan, Ahmad (2005) Kajian tentang penjelasan analogis dalam buku pelajaran kimia SMA kelas I yang digunakan di SMA Kota Malang / oleh Ahmad Fardan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam memahami kimia siswa harus mengenal adanya komponen segitigay ang salingm enunjangy aitu aspekm akroskopis(f enomenay ang dapat Aiamatil aspek submikroskopis (penggunaan gambar atau diagram yang menunjukkanfe nomenad itingkat molekuler) d an aspeks imbolik (penggunaan persamaaknim ia dan matematikau ntuk menggambarkasnu afuf enomena)A. gar iiswa rnemahamki onsep-konsekpi mia dengan baik seringkali diperlukan penjelasana nalogisd alam menjelaskank onsep-konsetpe rsebut.P enjelasan anaiogisb anyakd ijumpaip adab uku pelajarank imia SMA. TujuanP enelilianin i adalah( 1) mengideniifikasjui mlah penjelasana nalogisy ang digunakano leh penulisb ukup elajaraKn imia SMA kelasI (2) mengidentifikalsoik asiP en-ieJasan inalogisy ang Oisajitano leh penulisb uku pelajaranK imia SMA kelas I (3) r.ngid.ntifitiusik onsep-konsekpim ia dalamb ukup elajaranK imia SMA kelasI yang ryenggunakapne njelasana nalogis ( 4) mengidentifikaspio kok bahasan iatam b u pelajaran Kiinia SMA kelas I yang paling banyak menggunakan penjelasaann alogis( 5 ) mendeskripsikakenr angkak lasifikaspi enjelasaann alogis yangc iuuato leli penulisb uku pelajaranK imia SMA kelasI yang meliputi a ) iormatp enyajian(e fek visualisasi)b ) kaitana nalogisc ) tingkatk esulitand ) tingkaat bstraksi e) posisir elevansfi ) tingkatp engayaang ) penunjuka nllogi h) penunjukk eterbatasaann alogi ( 6) mengkajik emungkinana danyap enjelasan analogisy angt idak tepaty ang disajikano leh penulisb uku pelajaranK imia SMA kelasI (7) mengkajik eungguland an kelemahanp enjelasana nalogisy ang teridentifikasi. Jenis penelitian ini adalah deskiptil dengan obyek penelitian adalatt buku-buku pelajaran kimia SMA kelas I yang ditulis oleh Irfan anshory (ErlanggaM) ichelP urba( Erlangga)Y ayanS unarya(G rafindo)T ine M (Bumi Aksara)E mavita d kk (AngkasaB andung)L iliasari( BalaiP ustaka)P oppyK . Devi (Rosda Karya). Instrumen penelitian adalatr peneliti sendiri. Data yang dihasilkan berupa deskripsi konsep konsep yang menggunakan penjelasan analogtsd ianatisiss esuadi engantu juanp enelitian. Hasily angd iperolehd ari penelitianin i adalah( l) dari tujuh bukuy ang dikajit erdapa3t 6 buahp enjelasaann alogis( 2 ) lokasip enjelasaann alogisy ang disajikan oleh penulis buku pelajaran Kimia sMA kelas I adalah dalam pokok bahasan pengenalan ilmu kimia materi dan perubahannya materi dan penggolongannyma a ssaa tom relatif dan massam olekul relatil stoikiomeri itrutctur atom sistem periodik unsur ikatan kimia hidrokarbon minyak bumi unsur-unsudra lamk ehidupans ehari-har(i 3 ) konsep konsekpim ia dalamb uku pelajaraKni mia SMA kelasI yangm enggunakapne njelasaann alogisa dalahe fek rumahk aca sifat materi penyusunm aterilsenyawau nsur pengertiani sotop pengertianm ol struktur atom Thomsons truktura tomR utherford s truktura tom Bohr kedud[kan elekson menurut Bohr ukuran atom model Rutherford pengelompokanu nsur pra sistem periodik pengelompokanu nsur kimia pembentukaink atank imia kestabilana tom gasm ulia ikatank ovalen kovalen koordinasip embentukaink atan ion pengertianis omer p rosesp embentukan minyak bumi senyawak arbon gafit (4) penjelasana nalogisp aling banyak disajikand alamp okok bahasanS truktura tom (5) penulisd alam menyajikan penjelasana nalogism emiliki format penyajian (efek visualisasi)v erbal Kaitan/hubungaann alogisa ntaraa nalogd an target cenderungte rhubungs ecara firngsional Tingkat kesulitan peqielasan analogis mudah dipahami Tingkat abstraksyia ngd igunakanp enulisb uku adalahk ongkit-absrak P osisir elevansi yang dibuat oleh penulis buku addah cenenrng selama konsep target diperkenalkanT ingkat pengayaanp enjelasana nalogisy ang dibuat oleh penulis bukua dalahs ederhanaP e nulism emberikanp etunjuka danyap enjelasana nalogis Penulisc enderungti dak memberikanb atasans ecarak eseluruhan( 6 ) Penjelasan analogisy ang disampaikano leh penulism engandung9 buaha nalogiy ang tidak tepat ( 7) secarau mumk eunggulanp enjelasana nalogisy ang telah dikaji adalah pemetaans ifat analog-targetnyas udah cukup baik pemilihan analog yang langsungd iambil dari kehidupans ehari-hari p enjelasana nalogisy ang dibuat penulis mudatr/cukup dipahami sedangkan beberapa kelernahan per elasan analogisy ang dikemukakanP enggunaacno ntohy ang sebenarnybau kana nalogi tetapid igunakanu ntuk menjelaskakno nsept ilgetiPenggtman analogyangt idak familiar Penjelasana nalogi yang kurang memadai P enjelasana nalogisy ang digunakant idak logis Tidak menggunakanp ehrnjuk analogi Tidak memiliki keterbatasaann alogi dalam penjelasana nalogisnyaP enggunaang ambary ang tidakm encerminkakno nsepta rget.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Mar 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21553 |
Actions (login required)
View Item |