Aminudin, Nabila Widya Septi (2022) Perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka pada kelas VIII SMP Negeri 1 Wates / Nabila Widya Septi Aminudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia pada bulan Maret 2020 mengalami sebuah wabah covid-19. Hal tersebut berdampak pada sektor pendidikan. SMP adalah salah satu jenjang pendidikan yang merasakan dampak pandemi. Akibat dari adanya pandemi covid-19 pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya perubahan pada proses pembelajaran yang mendadak tentunya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Melihat hal tersebut peneliti melakukan penelitian dalam rangka untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang meggunakan pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas hasil belajar siswa antara pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka pada kelas VIII SMP Negeri 1 Wates. Oleh sebab itu penulis mempunyai ketertarikan guna mengkaji perbandingan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Wates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Populasi dari riset ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wates. Teknik purposive sampling (sampel bertujuan) ialah teknik sampel yang digunakan. Teknik tersebut dilakukan dikarenakan peneliti membutuhkan dua kelas yang mempunyai kemampuan yang sama dan pertimbangan dari guru bidang studi IPS SMP Negeri 1 Wates. Data diperoleh lewat hasil tes pengamatan serta dikumentasi. Teknik analisis datanya memanfaatkan uji instrumen uji prasyarat serta uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan perbedaan hasil belajar siswa dengan pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melihat rata-rata hasil post test siswa yang mana pada pembelajaran tatap muka lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh. Berlandaskan hasil tersebut bisa disarankan dalam masa pandemi Covid-19 supaya pembelajaran jarak jauh bisa dipergunakan sebagai pertimbangan guru mata pelajaran IPS dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengurangi angka penyebaran virus dan siswa juga tetap mendapatkan hasil belajar dengan baik. Sebaiknya penggunaan model pembelajaran jarak jauh ini juga menggunakan media yang bervariasi supaya siswa tidak jenuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:12 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201902 |
Actions (login required)
View Item |