Pengembangan game edukasi berbasis mobile dengan model arcs sebagai media penunjang pembelajaran pemrograman dasar kelas x di smk / AH. RIZAL FAUZI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi berbasis mobile dengan model arcs sebagai media penunjang pembelajaran pemrograman dasar kelas x di smk / AH. RIZAL FAUZI

Fauzi, Ah. Rizal Fauzi (2021) Pengembangan game edukasi berbasis mobile dengan model arcs sebagai media penunjang pembelajaran pemrograman dasar kelas x di smk / AH. RIZAL FAUZI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa dampak besar di dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan bertujuan agar proses pembelajaran lebih optimal interaktif efektif dan efisien sehingga mutu pendidikan dapat lebih meningkat. Proses pembelajaran menggunakan game edukasi diyakini dapat dijadikan sebagai sarana penyalur materi memperkuat materi yang sudah disampaikan oleh guru serta memecahkan masalah pemahaman lewat interaksi yang ada di dalam game. Berdasarkan data hasil observasi awal yang telah dilakukan di SMK Islam Batu pada kelas X kompentensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan memperoleh data 10 dari 22 siswa sebesar 45 5% dibawah SKM. Sedangkan hasil obervasi lainnya di SMK YAPALIS Krian memperoleh data 21 dari 39 siswa sebesar 53 8% dibawah SKM. Rata-rata siswa mengaku bosan dan kesulitan dengan penyampaian materi yang dilakukan secara konvensional berupa slide powerpoint dan papan tulis disisi lain siswa gemar bermain game untuk menghilangkan rasa jenuh. Oleh karena itu peneliti memiliki alasan kuat untuk melakukan penelitian pengembangan game edukasi untuk siswa di SMK YAPALIS Krian kelas X TKJ mata pelajaran pemrograman dasar. Tujuan penelitian ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan aplikasi game edukasi berbasis mobile dengan model ARCS pada mata pelajaran pemrograman dasar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE oleh Dick and Carey (1996). Tahapan penelitian pengembangan (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluations. Uji kelayakan dilakukan siswa SMK YAPALIS Krian kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang sudah atau sedang menempuh mata pelajaran Pemrograman Dasar. Berdasarkan validasi yang dilakuakn oleh para ahli yaitu dosen yang berkompeten dalam bidang Teknik Informatika dan guru mata pelajaran pemrograman dasar serta uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas X TKJ di SMK YAPALIS Krian diperoleh data dari ahli media sebesar 89 40% dan ahli materi sebesar 95 54%. Berdasarkan data hasil validasi game edukasi dinyatakan sangat valid untuk dilakukan uji coba. Setelah itu tahap uji coba produk dilakukan uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 siswa diperoleh sebesar 81 53% uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 30 siswa diperoleh sebesar 82 96% uji coba komponen model ARCS yang dilakukan oleh seluruh siswa diperoleh sebesar 84 05% dan uji coba motivasi siswa yang dilakukan oleh seluruh siswa diperoleh sebesar 82 13%. Berdasarkan kriteria validitas maka game edukasi berbasis mobile dengan model ARCS pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201203

Actions (login required)

View Item View Item