Najib, Ainun Najib (2021) Pengembangan media belajar berbasis web dengan gamifikasi pada matakuliah grafika komputer untuk menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa di jurusan teknik elektro universitas negeri malang / Ainun Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dosen hanya memiliki pegangan modul sebagai proses pemberian materi grafika komputer pada mahasiswa. Hal ini juga dibuktikan dari ketertarikan pada proses pembelajaran 100 mahasiswa yang diobservasi hanya 58% yang mengganggap proses pembelajaran saat ini menyenangkan dan 85% lebih menyukai game dari pada belajar. Dari hasil observasi yang telah dilakukan metode gamifikasi adalah metode yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran dengan menyatukan unsur-unsur game di dalam media yang dikembangkan. Web dipilih sebagai media perantara proses pembelajaran karena penggunaannya yang tidak terbatas ruang dan waktu asalkan masih terkoneksi dengan jaringan internet sehingga dirasa cocok untuk pembelajaran secara mandiri. Media web ini menggunakan model ADDIE pada proses penelitian dan pengembangan. Hasil pengujian kualitas media menurut ahli yang berkompeten di bidangnya memperoleh hasil akhir dengan persentase sebanyak 94 64% dari ahli media dan 65 63% dari ahli materi. Pada tahap uji coba media memperoleh hasil akhir dengan persentase sebanyak 84 02% dari 120 mahasiswa yang didapat sebagai subjek sampel penelitian. Berdasarkan kriteria validitas media pembelajaran berbasis web dengan gamifikasi pada matakuliah grafika komputer termasuk dalam kriteria valid dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201202 |
Actions (login required)
View Item |