Penerapan metode pembelajaran simulasi berbasis aplikasi swansoft cnc dan simulator cnc free android untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan nc/cnc dan cam siswa kelas xi teknik pemesinan di smk negeri 1 blitar / Prana Desamba Dela Raja - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran simulasi berbasis aplikasi swansoft cnc dan simulator cnc free android untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan nc/cnc dan cam siswa kelas xi teknik pemesinan di smk negeri 1 blitar / Prana Desamba Dela Raja

Raja, Prana Desamba Dela Raja (2022) Penerapan metode pembelajaran simulasi berbasis aplikasi swansoft cnc dan simulator cnc free android untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan nc/cnc dan cam siswa kelas xi teknik pemesinan di smk negeri 1 blitar / Prana Desamba Dela Raja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM khususnya pada materi bagian pemrograman melalui penerapan metode pembelajaran simulasi dengan menggunakan simulator CNC. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi sebelumnya yaitu rendahnya hasil belajar siswa dengan melakukan refleksi dan perbaikan-perbaikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdapat dua pertemuan pada penelitian ini ditemukan beberapa kendala namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik sehingga sampai berakhirnya siklus II siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi catatan lapangan dan hasil tes di setiap akhir siklus. Data aktivitas siswa didapatkan persentase secara klasikal pada pra tindakan sebesar 68 75% siklus I sebesar 69 75% dan pada siklus II sebesar 82% sedangkan data hasil belajar siswa didapatkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa di pra tindakan sebesar 21 8% siklus I sebesar 59 3% dan siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM khusunya materi metode pemrograman. Selain itu dengan metode pembelajaran simulasi kondisi dikelas pada saat pembelajaran dapat lebih kondusif dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200966

Actions (login required)

View Item View Item