Afandi, Ismi Syafin Safira (2022) Pengaruh metode picture exchange communication system (pecs) terhadap kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autis kelas 1 SDLB di SLB Putra Jaya Malang / Ismi Syafin Safira Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode PECS terhadap kemampuan komunikasi ekspresif pada siswa autis kelas 1 SDLB di SLB Putra Jaya Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah A (Baseline) ndash B (Perlakuan) ndash A rsquo (Baseline) . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan unjuk kerja kemampuan komunikasi ekspresif dengan menjawab pertanyaan ldquo Apa yang kamu mau rdquo . Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi komponen analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak autis yang mengalami gangguan komunikasi ekspresif dan bersekolah di SLB Putra Jaya Kota Malang kelas 1 Autis. Adanya pengaruh metode PECS terhadap kemampuan komunikasi ekspresif subyek ditunjukkan dengan skor tes yang meningkat dari kondisi baseline-1 ke intervensi. Pada kondisi baseline skor tes kemampuan unjuk kerja kemampuan komunikasi ekspresif yaitu 46 88% dan pada kondisi intervensi 81 25% sehingga rerata meningkat 34 37%. Data tersebut didukung dengan persentase overlap 0% yang menunjukkan bahwa metode ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi ekspresif. Kemampuan anak dilihat dari anak mampu merespon dan mengungkapkan keinginannya baik secara verbal maupun non-verbal dan mampu menyusun kalimat dengan kartu gambar. Metode ini dilakukan dengan menerapkan fase 1-6 metode PECS yaitu dengan mengarahkan anak untuk mengambil kartu yang telah disediakan dan menukarkannya dengan benda-benda yang sudah disediakan mengenalkan anak pada buku komunikasi yaitu dengan mengarahkan anak menempelkan kartu gambar benda yang ia inginkan pada halaman depan buku komunikasi dan dilakukan dalam tiga sesi memilih gambar yang tepat sesuai dengan pertanyaan observer dan menempelkannya dibuku komunikasi yang telah disediakan dan menyusun beberapa gambar membentuk kalimat secara runtun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 05:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200251 |
Actions (login required)
View Item |