Hayamah, Putri Hayamah (2021) Hubungan kontrol diri dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa di sma negeri 1 malang / Putri Hayamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prestasi belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh seseorang melalui proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan dalam suatu mata pelajaran tertentu. Kebanyakan dari mereka mengalami kenaikan atau keturunan pada prestasi belajar terjadi pada faktor diri sendiri. Siswa yang tidak mampu dalam mengontrol diri nya dengan lingkungan sekitarnya sehingga mengakibatkan dirinya menghadapi konsekuensi yang buruk contohnya menunda-nunda dalam mengerjakan tugas dimana siswa sulit melakukan kegiatan dengan waktu yang sudah ditentukan. Sulitnya mengontrol diri yang mengakibatkan terjadinya prokrastinasi akademik sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi presrasi belajar siswa. Siswa yang memiliki kemampuan dalam mengontrol dirinya dengan baik maka akan terciptanya prokrastinasi akademik yang rendah.Untuk itu diperlukan dilakukannya penelitian mengenai hubungan kontrol diri dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar. Penelitian ini penting mengingat apabila tidak ditangani secara tepat serta efektif maka dapat berdampak pada kegagalan belajar yang juga akan berdampak negatif terhadap perkembangan siswa sendiri. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam membantu siswa untuk memperoleh dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar. (2) untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar (3) untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Pengambilan sampel ditentukan melalui Cluster random sampling dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 166 siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Malang kelas X dan XI. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kontrol diri yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Azhari (2019) skala prokrastinasi akademik yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Sejati (2013) dan nilai rapot semester genap 2021/2021. Analisis data menggunakan analisis deskriptif uji normalitas uji regresi linier sederhana uji korelasi Product Moment Pearson uji korelasi ganda dan uji hipotesis (f) dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini adalah (1) kontrol diri siswa SMA Negeri 1 Malang cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase 95 2% (2) prokrastinasi Akademik siswa SMA Negeri 1 Malang cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase 59% (3) prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Malang cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase 36 7% (4) variabel kontrol diri berdistribusi normal dengan signifikansi 0 171 gt 0 05 (5) variabel prokrastinasi akademik berdistribusi normal dengan signifikansi 0 093 gt 0 05 (6) prestasi belajar berdistribusi normal dengan signifikansi 0 055 gt 0 05 (7) terdapat hubungan yang linier antara variabel kontrol diri dengan variabel prestasi belajar signifikan sebesar 0 020 lt 0 05 (8) terdapat hubungan linier antara variabel prokrastinasi akademik dengan variabel prestasi belajar signifikan sebesar 0 000 lt 0 05 (9) terdapat hubungan positif yang siginifikan antara variabel kontrol diri (X1) dengan prestasi belajar (Y) siswa SMA Negeri 1 Malang dengan tingkat korelasi sangat rendah dengan nilai signifikasi sebesar 0 020 lt 0 05 (10) hubungan negatif yang siginifikan antara variabel prokrastinasi akademik (X2) dengan prestasi belajar (Y) siswa SMA Negeri 1 Malang dengan tingkat korelasi rendah dengan signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05 (11) tingkat hubungan antara variabel Kontrol Diri (X1) dan Prokrastinasi Akademik (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) secara simultan memiliki hubungan yang rendah dengan signifikansi sebesar 0.000 lt 0 050.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199095 |
Actions (login required)
View Item |