Kontribusi konsep diri dan self esteem terhadap kematangan karir siswa kelas xi sma negeri mojoagung kabupaten jombang / Fitri Andika Chrys Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi konsep diri dan self esteem terhadap kematangan karir siswa kelas xi sma negeri mojoagung kabupaten jombang / Fitri Andika Chrys Diana

Diana, Fitri Andika Chrys Diana (2021) Kontribusi konsep diri dan self esteem terhadap kematangan karir siswa kelas xi sma negeri mojoagung kabupaten jombang / Fitri Andika Chrys Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja dinyatakan sebagai masa transisi menuju ke arah kematangan. Salah satu arah kematangan yang harus dicapai oleh remaja yaitu kematangan karir. Kematangan karir merupakan kemampuan individu dalam menuntaskan tugas perkembangan karir sesuai tahapan perkembangannya yang dapat mengarahkan diri untuk memilih karir yang sesuai dengan dirinya. Salah satu faktor yang menjadi prediktor kuat bagi kematangan karir individu adalah konsep diri. Konsep diri memegang peranan utama bagi kematangan karir individu karena pada dasarnya karir merupakan aktualisasi dari konsep diri individu. Selain konsep diri self esteem juga menjadi salah satu unsur penting dalam pencapaian kematangan karir. Individu mewujudkan self esteem miliknya pada konsep keberhasilan karirnya. Dengan kata lain konsep diri dan self esteem merupakan faktor utama dalam meningkatkan kematangan karir individu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kontribusi konsep diri dan self esteem terhadap kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 311 siswa kelas XI yang berasal dari SMA Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang. Sampel didapatkan menggunakan metode pengambilan sampel probability sampling teknik proportional cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah skala kematangan karir skala konsep diri dan skala self esteem. Ketiga skala tersebut sudah melalui uji validitas item dengan nilai koefisien korelasi gt r tabel dan nilai signifikan (Sig). lt 0 05. Hasil uji reliabilitas skala kematangan karir memiliki nilai alpha sebesar 0 697 skala konsep diri memiliki nilai alpha sebesar 0 757 dan skala self esteem memiliki nilai alpha sebesar 0 602. Dengan kata lain ketiga instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) terdapat kontribusi positif dan signifikan konsep diri terhadap kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang dengan nilai signifikan 0 001 lt 0 05 dan t hitung 3 359 gt t tabel 1 992 (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan self esteem terhadap kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang dengan nilai signifikan 0 003 lt 0 05 dan t hitung 3 105 gt t tabel 1 992 (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan konsep diri dan self esteem secara simultan terhadap kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri Mojoagung Kabupaten Jombang dengan nilai signifikan 0 000 lt 0 05 dan F hitung 18 512 gt F tabel 3 12 (4) sumbangan efektif konsep diri dan self esteem secara simultan terhadap kematangan karir yakni sebesar 33 1% dengan rincian sumbangan efektif konsep diri pada kematangan karir sebesar 17 5% dan sumbangan efektif self esteem pada kematangan karir sebesar 15 6%. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh saran yaitu hasil penelitian dapat dijadikan rujukan oleh konselor yang mengacu pada pengembangan program layanan bimbingan dan konseling baik itu secara klasikal atau kelompok yang bertujuan untuk mengembangkan konsep diri dan self esteem siswa sebagai upaya dalam membantu meningkatkan kematangan karir siswa. Diharapkan konselor mampu mengidentifikasi setiap permasalahan karir yang dialami oleh siswa dengan melihat dari gejala-gejala perilaku yang ditampilkan. Dengan demikian konselor dapat memberikan layanan responsif menggunakan pendekatan yang sesuai dengan permasalahan siswa sehingga siswa dapat mencapai kemandirian dalam mengentaskan permasalahan yang dialami dan mencapai kematangan karir secara optimal. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian dengan mempertimbangan variabel lain yang dapat berpengaruh pada tingkat kematangan karir siswa selain variabel konsep diri dan self esteem. Informasi yang diberikan berdasarkan hasil penelitian diharapkan mampu menjadi sumber referensi dalam melakukan penelitian pengembangan dan membuat panduan dalam upaya meningkatkan kematangan karir siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199088

Actions (login required)

View Item View Item