Pengembangan inventori adaptabilitas karier siswa sman 8 malang / Karina Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori adaptabilitas karier siswa sman 8 malang / Karina Anwar

Anwar, Karina Anwar (2021) Pengembangan inventori adaptabilitas karier siswa sman 8 malang / Karina Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tantangan karier semakin beragam seiring perkembangan zaman dan semakin pesat teknologi informasi yang memadukan dunia fisik digital dan biologis. Fenomena perkembangan karier era sekarang terdapat tantangan perkembangan karier dan diperlukan kemampuan adaptabilitas karier untuk mendapatkan kesuksesan karier. Siswa diharapkan memiliki kemampuan adaptabilitas karier. Oleh karena itu dibutuhkan inventori untuk mengetahui dan mengukur tingkat adaptabilitas karier siswa sehingga konselor dapat merancang layanan BK yang tepat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan inventori adaptabilitas karier untuk mengukur tingkat adaptabilitas karier siswa SMAN 8 Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen format penilaian uji ahli. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik skala penilaian dan data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji coba lapangan dilakukan melalui dua tahap. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI dan XII SMAN 8 Malang. Sampel penelitian yang digunakan adalah cluster random sampling yang terdiri dari 400 siswa kelas XI dan XII SMAN 8 Malang. Pengujian analisis data menggunakan model Rasch melalui perangkat lunak Winsteps. Hasil uji coba produk pada uji ahli materi adalah antara indikator dan variabel termasuk kategori sangat sesuai antara deskriptor dan indikator terdapat sepuluh deskriptor yang termasuk kategori sangat sesuai dan dua deskriptor termasuk kategori sesuai antara item dan descriptor terdapat terdapat tiga puluh dua item yang termasuk kategori sangat sesuai dan tiga puluh tiga item yang termasuk kategori sesuai. Hasil penilaian dari uji ahli materi menunjukkan bahwa perlu dilakukan revisi dibagian deskriptor eksplorasi diri dan pernyataan yang rancu. Hasil penilaian uji ahli bahasa adalah lima petunjuk tersebut mudah dipahami dengan kategori sangat sesuai. Aspek penilaian penggunaan bahasa dan kata dalam inventori mudah dipahami dari lima puluh dua item terdapat lima puluh item yang termasuk kategori sangat sesuai dan dua item termasuk kategori sesuai. Aspek penilaian penyusunan kalimat dalam inventori jelas dan efektif dari lima puluh dua item terdapat empat delapan item termasuk kategori sangat sesuai dan empat item termasuk kategori sesuai. Saran dari ahli bahasa adalah perlu memperbaiki pada beberapa pilihan kata yang digunakan yaitu pada pilihan kata yang tidak baku dan kesalahan penggunaan huruf kapital. Hasil penilaian dari uji ahli bahasa menunjukkan bahwa perlu dilakukan revisi dibagian beberapa pernyataan. Uji coba lapangan dilakukan dua tahap. Hasil uji coba lapangan pada tahap pertama dihasilkan 52 item setelah dilakukan uji coba diperoleh 46 item yang dinyatakan valid. Tahap kedua dari 46 item inventori setelah dilakukan uji coba diperoleh 42 item yang dinyatakan valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan model Rasch diketahui bahwa dari 46 item yang dianalisis terdapat 42 item fit sesuai model dengan koefisien reliabilitas alpha 0.93 yang termasuk kategori bagus sekali. Reliabilitas person sangat bagus sebesar 0.91 dengan separation 3.26 serta reliabilitas item istimewa dengan nilai 0.98 dengan separation 7 33. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen memenuhi syarat unidimensionalitas. Hasil analisis skala penilaian menunjukkan bahwa penggunaan skala empat tingkat sudah sesuai. Hasil uji coba tahap dua masih terdapat item-item yang tidak fit. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan uji coba inventori adaptabilitas karier ini sampai semua item fit dan dilakukan uji coba secara lebih luas yang karakteristik subjek penelitiannya yang tidak jauh beda dengan karakteristik siswa SMAN 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199081

Actions (login required)

View Item View Item