Kaesti, Mutiarani Rizki Dyah Edi Kaesti (2021) Pengembangan panduan konseling dengan teknik reframing untuk mereduksi kejenuhan belajar daring siswa smk negeri 2 malang / MUTIARANI RIZKI DYAH EDI KAESTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kejenuhan belajar daring penting ditangani karena salah satu tugas perkembangan remaja ialah mampu mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual yang berguna dalam menerapkan peran sebagai anggota masyarakat. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan sebuah produk yang berguna baik bagi konselor dalam memberikan layanan maupun bagi siswa dalam membantu mengembangkan keterampilan intelektual pada kegiatan pembelajaran dengan mereduksi kejenuhan belajar daring. Produk yang dikembangkan ialah panduan konseling teknik reframing untuk mereduksi kejenuhan belajar daring siswa SMK yang memiliki keberterimaan dalam aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan Borg and Gall (1893) dengan mengadaptasi langkah-langkahnya yaitu (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) mengembangkan produk (4) melakukan uji ahli oleh ahli materi dan ahli media (5) melakukan revisi dari hasil uji ahli (6) melakukan uji calon pengguna dengan konselor dan (7) revisi akhir. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa SMK Negeri 2 Malang. Pengumpulan data menggunakan observasi serta wawancara. Penilaian ahli materi ahli media dan calon pengguna produk dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory 2015). Panduan ini dikembangkan terdiri atas materi dan media dalam panduan. Materi panduan tersaji dengan sistematika panduan yang berisi empat bagian yaitu Bagian I Pendahuluan berisi rasional tujuan dari panduan serta sasaran pengguna dan sasaran layanan. Bagian II Konsep Teori berisi penjelasan kejenuhan belajar teknik reframing dan pendekatan cognitive behaviour therapy. Bagian III Prosedur Konseling Teknik Reframing berisi prosedur konseling dengan beberapa tahapan yaitu pra konseling konseling sesi I konseling sesi II konseling sesi III dan pasca konseling. Bagian IV Evaluasi Pelaksanaan Konseling Teknik Reframing berisi instrumen penilaian konseling individu yang dilaksanakan secara peer review dan inventori kejenuhan belajar daring untuk mengetahui seberapa besar tingkat kejenuhan belajar siswa. Sedangkan media panduan terdiri atas sampul panduan menggambarkan kejenuhan belajar dan reframing layout gambar tabel jenis tulisan dan perpaduan warna. Materi dan media panduan dinilai keberterimaan dengan kriteria ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Secara keseluruhan berdasarkan penilaian ahli materi ahli media dan calon pengguna indeks validitas ahli masing-masing menunjukkan skor 1 yang menunjukkan bahwa panduan konseling individu ini dapat dikatakan sebagai panduan yang sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan melakukan eksperimen untuk mengetahui tingkat keefektifan panduan konseling yang dikembangkan. sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan oleh konselor dalam mereduksi kejenuhan belajar daring. Selain itu guru BK perlu menggunakan panduan yang dihasilkan berdasarkan pendekatan penelitian tindakan BK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199074 |
Actions (login required)
View Item |